Surabaya (Antara Jatim) - Aktivis muda Agus Maimun terpilih memimpin Forum Karang Taruna Provinsi Jawa Timur periode 2017-2020 setelah unggul dalam pemungutan suara pada rapat Temu Karya Daerah (TKD) di Surabaya, Sabtu.

"Tugas pertama adalah penguatan konsolidasi, termasuk merangkul seluruh pengurus dan anggota se-Jatim," ujar Agus saat ditemui usai temu karya daerah.

Pada proses penjaringan calon, pemuda yang juga anggota DPRD Jatim tersebut memperoleh 29 suara dari 36 suara sah, sedangkan sisanya masing-masing enam suara diraih Iswahyudi, dan satu suara lainnya milik Jodi.

Ke depan, ia dan pengurus baru akan mendorong karang taruna lebih eksis dan lebih berdaya, khususnya dalam bidang perekonomian.

Selain itu, bendahara DPW PAN Jatim tersebut berkomitmen fokus membantu pemerintah mengidentifikasi tingkat kemiskinan di Jatim sehingga upaya mewujudkan masyarakat sejahtera dapat terealisasi.

Di tempat sama, Ketua Bidang Kepemudaan Pengurus Karang Taruna Nasional Anna Luthfie mengucapkan selamat atas terpilihnya pengurus baru dan menyampaikan sebagai organisasi kepemudaan diharapkan membantu pemerintah mengurangi kesenjangan sosial.

Salah satu upaya yang dilakukan, kata dia, dengan memberdayakan ekonomi kreatif yang mampu mendorong perbaikan kesejahteraan masyarakat setempat, khususnya di Jatim.

"Saya yakin dan optimistis pemuda-pemuda di sini mampu berbuat dan mendorong kegiatan ekonomi kreatif agar produktif," kata mantan ketua karang taruna Jatim tersebut.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf yang berkesempatan membuka TKD berharap pengurus baru dapat terlibat dan memberikan sumbangsih untuk pembangunan daerah di Jatim, seperti membantu masyarakat miskin di desa.

"Di antaranya dengan melaksanakan kegiatan yang konkret dan berguna bagi warga, seperti perbaikan rumah, sanitasi, dan air bersih," kata Gus Ipul, sapaan akrabnya.
 
Saat ini, lanjut dia, Pemprov Jatim terus menekan dan mengurangi angka kemiskinan yakni dengan memperkuat pembangunan pedesaan, mulai perbaikan pelayanan infrastruktur, pendidikan serta pelayanan kesehatan.

"Tentu saja semuanya untuk perbaikan kualitas sumber daya manusia. Kalau terdidik dan sehat maka terbentuk orang-orang yang hebat pula. Karang taruna harus berbuat dan saya yakin bisa," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017