Jember (Antara Jatim) - Tiket kereta api untuk masa angkutan Lebaran 2017 di wilayah Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur, hampir habis karena  sekitar 90 persen tiket telah terjual.

"Pemesanan tiket kereta mulai meningkat untuk keberangkatan pada tanggal 19 Juni 2017 atau H-6 Lebaran hingga 25 Juni 2017," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 9 Luqman Arif di Jember, Jumat.

Menurutnya, tiket KA yang sudah terjual 80 hingga 90 persen yakni KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto, KA Ranggajati jurusan Jember-Cirebon, dan KA Sri tanjung jurusan Banyuwangi-Lempuyangan.

"Sedangkan untuk kereta bisnis dan eksekutif KA Mutiara Timur siang dan malam, tiketnya sudah terjual 60 persen dari okupansi," tuturnya.

Ia mengatakan pemesanan tiket kereta api pada 15 Juni 2017 atau H-10 Lebaran hingga 18 Juni 2017 rata-rata sudah terpesan sekitar 40 persen, namun jumlah tersebut akan terus bergerak karena pemesanan dalam jaringan (daring) masih tetap berlangsung.

"Cepat habisnya tiket sejumlah rangkaian KA karena pihak PT KAI melayani pemesanan tiket pada H-90 keberangkatan untuk sejumlah kereta jarak jauh seperti KA Ranggajati, KA Logawa, KA Mutiara Timur siang dan malam, KA Sritanjung, dan KA Tawang alun," katanya.

Sedangkan untuk KA Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya dapat dilakukan pemesanan tiket pada H-30 sebelum keberangkatan dan pemesanan tiket kereta lokal yakni KA Pandanwangi jurusan Jember-Banyuwangi bisa dilakukan H-7 sebelum keberangkatan.

PT KAI sudah membuka penjualan tiket kereta api untuk mudik Lebaran sejak 17 Maret 2017, sehingga masyarakat yang menggunakan moda transportasi untuk keperluan mudik Lebaran bisa memesan tiket.

"Warga yang ingin menggunakan moda transportasi kereta api untuk perjalanan mudik atau balik Lebaran 2017 dapat melakukan pembelian tiket kereta di semua channel penjualan tiket seperti 'contact centre' 121, aplikasi KAI access pada ponsel, minimarket, kantor pos, pegadaian, agen resmi tiket KA, dan berbagai channel lainnya," ujarnya, menambahkan.

Di wilayah Daop 9 Jember setiap hari terdapat tujuh keberangkatan KA jarak jauh yakni KA Mutiara Timur siang dengan relasi Banyuwangi - Surabaya, kemudian KA Mutiara Timur malam dengan relasi Banyuwangi - Surabaya, KA Sri tanjung dengan relasi Banyuwangi - Lempuyangan Yogyakarta, KA Probowangi dengan relasi Banyuwangi - Surabaya.

Kemudian KA Tawang alun dengan relasi Banyuwangi - Malang, KA Logawa dengan relasi Jember - Purwokerto, dan  KA Rangga jati dengan relasi Jember - Cirebon, serta KA lokal sebanyak empat kali perjalanan yaitu KA lokal Pandan wangi relasi Jember - Banyuwangi.(*)
     

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017