Bojonegoro (Antara Jatim) - Balai Besar Bengawan Solo di Solo, Jawa Tengah, akan memperbaiki tanggul kanan Bengawan Solo yang longsor di dua lokasi di Desa Kanor, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, pada 2017.

Camat Kanor, Bojonegoro Subiyono, di Bojonegoro, Jumat, menjelaskan Balai Besar Bengawan Solo di Solo, Jawa Tengah, menginformasikan perbaikan tanggul longsor sepanjang 80 meter di Desa Kanor, Kecamatan Kanor, pada 2017.

Pengamanan darurat yang dilakukan, lanjut dia, tanggul longsor ditutup dengan terpal agar kalau hujan longsor tidak bertambah.

"Kemungkinan perbaikannya menunggu kemarau. Yang paling aman dibangun "parapet", sebab lokasinya di tikungan sungai," jelas dia.

Masih di Desa Kanor, kata dia, tanggul kanan Bengawan Solo juga di Desa Kanor, Kecamatan Kanor, juga longsor sepanjang 25 meter dengan kedalaman 1,5 meter, Jumat sekitar pukul 06.00 WIB.

Lokasi tanggul longsor Bengawan Solo yang baru longsor itu, lanjut dia,  tidak jauh dengan lokasi tanggul longsor Bengawan Solo sepanjang 80 meter.

"Tanggul longsor baru yang tersisa sekitar 3 meter," ucapnya.

Ia memperkirakan tanggul kanan Bengawan Solo di desa setempat longsor disebabkan pengaruh banjir dalam beberapa hari terakhir, sehingga ketika air surut maka tanah tanggul ikut longsor.

Hanya saja, lanjut dia, lokasi longsornya tanggul tersebut dibawahnya tanggul ada paku bumi sehingga longsoran tanggul masih tertahan namun tidak  menutup kemungkinan akan lebih parah kalau tidak segera ditangani.

"Kejadian tanggul longsor sudah kami laporkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," tambahnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan kalau tanggul Bengawan Solo di daerah setempat jebol maka luapan air Bengawan Solo tidak hanya merendam pemukiman dan areal pertanian di sejumlah desa di Kecamatan Kanor.

Tetapi bisa meluas di sejumlah desa di Kecamatan Baureno, bahkan bisa merendam jalan raya Bojonegoro-Surabaya.

"Tanaman padi sejumlah desa di Kanor sekarang ini hampir panen," katanya.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bojonegoro MZ. Budi Mulyono, menambahkan tanggul Bengawan Solo yang longsor di daerahnya semuanya selalu dilaporkan kepada Balai Besar Bengawan Solo di Solo, Jawa Tengah.

"Perbaikan tanggul Bengawan Solo kewenangannya di Balai Besar Bengawan Solo di Solo," tambahnya. ***4***




Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017