Surabaya (Antara Jatim) - Warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Surabaya di Medaeng, Sidoarjo, yang beragama nasrani mengikuti ibadah paskah bersama di Gereja Efesus lingkungan setempat, Minggu.
     
"Ibadah paskah bersama ini merupakan rangkaian dari Hari Bakti Pemasyarakatan ke- 53 tahun 2017," kata Kepala Rutan Klas I Surabaya Bambang Harianto, di lokasi kebaktian paskah.
     
Dia mengatakan, ibadah paskah hari ini digelar serentak bagi warga binaan yang beragama nasrani di seluruh rutan dan lembaga pemasyarakatan se- Indonesia. 
     
"Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan tahun 2017, sebelumnya juga digelar Nusantara Mengaji untuk umat muslim yang berlangsung di masjid di seluruh lapas dan rutan se-Indonesia," katanya.
     
Untuk kebaktian paskah bersama, Bambang mengatakan, mengambil tema "Kebangkitan Kristus Membebaskan Kita dari Kuasa Kematian".
     
Sedikitnya dua ratus warga binaan Rutan Medaeng yang beragama nasrani hadir dalam ibadah paskah bersama ini.  
     
Mereka terlihat khusyuk mengikuti doa, ceramah dan turut menyanyikan lagu-lagu pujian. 
     
Bambang berharap kegiatan ibadah paskah bersama ini dapat meningkatkan keimanan warga binaan Rutan Medaeng. Tentu dia juga berharap agar warga binaannya ke depan bisa menjadi orang yang baik. 
     
"Perayaan paskah bersama ini adalah bentuk pembinaan rohani. Sentuhan religi seperti dalam kegiatan ini diharapkan bisa menyentuh hati mereka," katanya.
     
Dia bersyukur animo warga binaan dalam mengikuti ibadah ini dinilainya positif. Bambang menyebut warga binaan yang hadir berjumlah 210 orang.   
     
"Animo mereka cukup tinggi dalam mengikuti kebaktian memperingati paskah," katanya. 
     
Dia menambahkan, dalam ibadah bersaama paskah ini petugas Rutan Medaeng bekerja sama dengan beberapa gereja dari luar. "Karena petugas Rutan dan pihak ahli yang bisa membimbing jumlahnya terbatas," ujarnya.
     
Bambang lebih lanjut turut mengucapkan selamat paskah kepada warga binaan yang merayakannya. 
     
"Mudah-mudahan kedamaian dilimpahkan kepada kita semua. Jangan putus asa. Harus yakin. Karena keyakinan akan menaungi kita semua dan membawa kedamaian bagi kita semua," tuturnya. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017