Situbondo (Antara Jatim) - Sejumlah anggota Polisi Wanita (Polwan) Polres Situbondo, Jawa Timur, dalam menyambut Hari Kartini melakukan aksi turun ke jalan menggunakan pakaian kebaya sembari membagikan bunga dan brosur tertib berlalu lintas kepada pengendara roda dua dan roda empat.

"Selain membagi-bagikan bunga semua Polwan juga membagikan brosur tertib lalu lintas. Dan perlu diketahui anggota polisi wanita ini juga memanfaatkan momen Hari Kartini dengan menyosialisasikan pentingnya patuh dalam berlalu lintas kepada pengguna jalan," ujar seorang anggota Polwan Polres Situbondo, Ipda Pol Kusmiani di sela membagikan bunga di perempatan (traffick light) Kota Situbondo, Jumat.

Ia mengemukakan, Polwan menggunakan pakaian kebaya dan membagikan bunga serta brosur kepada pengendara yang dilaksanakan di tengah kota ini sebagai salah satu cara polisi wanita memperingati Hari Kartini pada 21 April.

Kegiatan membagikan bunga tersebut, katanya, juga sebagai bukti bahwa polisi wanita juga sebagai penegak hukum yang tugasnya sama seperti polisi pria yakni melaksanakan tugasnya dalam penegakan hukum.

"Semua polisi wanita menggunakan pakaian kebaya ini saat bertugas juga memiliki arti sebagai perempuan, namun juga memiliki tugas yang sama. Selama ini Polwan juga memiliki tugas mengampanyekan waspada narkoba kepada masyarakat," katanya.

Ia menambahkan bahwa polisi wanita menggunakan pakaian kebaya di Hari Kartini menujukkan identitasnya sebagai seorang perempuan.

Kendati menjadi seorang polisi wanita yang didoktrin keras dan tangguh sebagai penegak hukum, namun juga tetap pada kodratnya sebagai wanita. (*)
Video oleh: Novi Husdinariyanto
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017