Surabaya (Antara Jatim) – Mahasiswi Program Kekhususan Multimedia Fakultas Teknik Universitas Surabaya (Ubaya) Ambar Cahya Pertiwi mendesain empat kartu "Queen" pada kartu remi bernuansa perempuan untuk memperingati Hari Kartini.

Ditemui di kampus setempat, Kamis, Ambar menjelaskan kartu remi yang disebut "Q-card" bergambar tokoh-tokoh perempuan yang dianggap menjadi Kartini pada era saat ini seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Pembawa Acara Najwa Shihab dan Peraih Olimpiade Rio 2016 Lilyana Natsir.

"Pada masa ini, kedudukan wanita sudah setara dengan pria, wanita sudah bisa melakukan pekerjaan apapun. Menurut saya, wanita yang mencintai satu bidang dan menjalankannya dengan sepenuh hati patut disebut sebagai Kartini Hari Ini," ucapnya.

Dia mengatakan, kartu Queen dipilih karena ratu identik dengan wanita. Kartini Hari Ini adalah mereka yang mencintai satu bidang dan menjalankannya dengan sepenuh hati.

Untuk mendapatkan para tokoh-tokoh yang cocok untuk kartu tersebut, mahasiswi semester VI ini telah melakukan riset. Dari berbagai sumber yang dia teliti, Ambar memilih empat tokoh yang dianggap sebagai Kartini hari ini dan mencocokkan karakter tokoh berdasarkan karakteristik dari simbol kartu (diamond, spade, club, dan heart).

"Diamond identik dengan harta dan kepemimpinan, maka Menteri Keuangan Sri Mulyani saya menjadi simbol Sang Pemimpin," kata dia.

Untuk kartu Spade yang identik dengan kekuatan, atlet bulu tangkis Liliyana Natsir dipilih menjadi sang pemberani karena dianggap menjadi wanita Indonesia yang kuat dan pantang menyerah.

"Heart identik dengan pengabdian dan cinta akan sesama, Dian Sastro yang merupakan seorang public figur  dipilih menjadi simbol ‘sang pengabdi’ karena rekam jejaknya dalam pengabdian masyarakat dan jiwa sosialnya yang tinggi," ujar dia.

Sementara Club identik dengan kecerdasan, Najwa Shihab yang merupakan presenter berita dan Duta Baca Indonesia dipilih menjadi simbol "sang peneliti" karena kecerdasannya.(*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017