Sumenep (Antara Jatim) - Bupati Sumenep A Busyro Karim berharap rumah warga di tiga objek wisata setempat bisa menjadi tempat penginapan bagi wisatawan.

"Tentunya rumah tersebut harus diatur dan dikelola secara baik oleh warga dan selanjutnya menjadi tempat yang nyaman dan mengenakkan bagi wisatawan," ujarnya di Sumenep, Jawa Timur, Rabu.

Tiga objek wisata yang rumah warga sekitarnya diharapkan menjadi tempat penginapan bagi wisatawan itu adalah Pulau Giliyang di Kecamatan Dungkek, Pulau Gililabak di Talango, dan Pantai Sembilan di Giligenting.

Wisatawan, utamanya dari luar Pulau Madura, memang disarankan menginap ketika berkunjung ke tiga objek wisata tersebut, karena posisinya berada di pulau.

"Sebaiknya memang menginap supaya bisa mengeksplorasi tiga objek wisata tersebut lebih lama sekalian beristirahat setelah menempuh perjalanan darat dan laut," kata Busyro, sambil tersenyum.

Ia menjelaskan, pembangunan dan pengembangan pariwisata di Sumenep berkonsep pemberdayaan warga dan mempertahankan kearifan lokal.

Salah satu caranya adalah mempersilakan warga untuk mengelola rumahnya menjadi tempat yang nyaman dan layak sebagai tempat inap bagi wisatawan.

"Selain bangunan baru yang memang disiapkan untuk penginapan bagi wisatawan, silakan warga 'menyulap' rumahnya agar layak ditempati oleh wisatawan," ujarnya.

Sejak beberapa waktu lalu, sejumlah pihak terkait di Pemkab Sumenep, utamanya dinas pariwisata, kebudayaan, pemuda, dan olahraga (disparbudpora) mengintensifkan pembinaan kepada warga di sekitar objek wisata setempat.

Pembinaan tersebut merupakan bentuk sinergi sekaligus sarana untuk mengingatkan warga di sekitar objek wisata supaya bisa dan mampu menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan.

Busyro juga mengemukakan, pihaknya akan memastikan pembangunan dan pengembangan pariwisata mampu menjadi sarana peningkatan kesejahteraan warga di sekitar objek wisata. (*)
Video oleh: Slamet H


Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017