Surabaya (Antara Jatim) - Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melatih puluhan ibu-ibu lanjut usia (lansia) di wilayah Surabaya tentang penggunaan teknologi komputer dan internet sehat di kampus setempat, Rabu.

Ketua  Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ITS Dini Fadilah mengatakan pelatihan penggunaan teknologi komputer dan internet sehat ini merupakan bagian dari program "LANSIA ABC" yaitu suatu program khusus untuk masyarakat lansia.

"Ini merupakan program yang dibiayai oleh Kemenristekdikti. Kenapa pelatihan penggunaan komputer itu lebih karena sebagai kampus Teknolgi, kami berupaya memanfaatkan fasilitas ITS agar menjadi bermanfaat untuk masyarakat," kata Dini.

Dia menjelaskan, LANSIA ABC meliputi beberapa Program di antaranya program Agamis, Bahagia, dan Cerdas.

"Pada kegiatan ini, para lansia akan diberikan wawasan bagaimana browsing internet guna memberikan wawasan terhadap dunia teknologi masa kini. serta lansia akan diberikan wawasan cara membuat power point," ujarnya mahasiswa jurusan Fisika ini.

Tujuannya adalah, kegiatan ini berkaitan dengan kegiatan yang cerdas yang lain yaitu sharing keahlian dari lansia oleh lansia yang mana lansia akan menjadi nara sumber dan akan mempresentasikan keahliannya di hadapan anggota lansia yang lainnya.

"Untuk itu, pentingnya pelatihan teknologi ini kami berikan selain sebagai wawasan global juga untuk menunjang kemampuan lansia pada kegiatan selanjutnya," ujarnya.

Selain penggunaan komputer dan internet, nantinya para lansia juga akan diberikan materi yang berkaitan dnegan agama yakni prakik sholat, membaca dan menghapal Al Quran . 

Sementara untuk program Cerdas yang meliputi kesehatan, dia bersama dua rekannya yaitu Anisa Rahmasari dan Dian Febriandini Shanditia telah bekerja sama dengan puskesmas setempat untuk bersama-sama mengedukasi para lansia.(*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017