Malang, (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengaku bangga pada para pelajar di provinsi itu karena selain berusaha dengan kerja keras dalam meraih nilai terbaik, juga disertai doa sebagai kekuatan orang beriman.

Kebanggaan orang nomor dua di jajaran Pemprov Jatim itu disampaikan melalui pengeras suara dari ruang pantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  SMA Negeri 1 Malang yang dilengkapi sejumlah CCTV.

"Saya sangat bangga dengan pelajar-pelajar di Jatim ini, usahanya untuk mendapatkan nilai terbaik dalam ujian kelulusan sangat bagus, namun tidak lupa tetap diiringin doa kepada Allah sebagai penolong kita," kata Saifullah Yusuf saat memantau pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 1 Malang, Selasa.

Selain mengungkapkan kebanggaannya, Saifullah Yusuf yang akrab dipanggil Gus Ipul itu juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta UNBK agar mendapatkan nilai terbaik dan lulus seluruhnya. Dan, ke depan mampu membawa bangsa Indonesia menjadi lebih maju dan lebih baik.

Usai memantau memberikan motivasi melalui pengeras suara, Gus Ipul juga memantau sejumlah ruangan, di antaranya ruang guru dan aula SMA tersebut.

Kunjungan dilanjutkan ke SMA Negeri 3 yang berada satu kompleks dengan SMA Tugu lainnya (SMA Negeri 1 dan 4). Tanpa malu-malu Gus Ipul langsung jongkok bersama siswa-siswi SMA Negeri 3 yang sedang makan nasi kotak setelah mengikuti ujian sesi pertama, bahkan berdialog dengan mereka.

Dalam dialog tersebut, Gus Ipul juga menanyakan kepada siswa-siswi tersebut terkait kendala dan hambatan dalam UNBK. "Tidak ada kendala berarti, soal-soal juga bisa dikerjakan dengan baik karena sebelum pelaksanaan UNBK dilakukan simulasi dan mengerjakan soal melalui try out," kata salah seorang siswa SMA Negeri 3 Malang, M Farrel Alzaina.

Farrel yang juga Ketua Forum OSIS SMA Kota Malang itu mengaku simulasi UNBK yang dilakukan beberapa kali sebelum hari H sangat membantu, sehingga dirinya dan siswa lainnya terbantu dan rasa khawatir pun hilang.

Ketika ditanya Gus Ipul ingin melanjutkan kemana, Farel menjawab ingin masuk Akuntansi Universitas Gajah mada (UGM) Yogyakarta. Atas jawaban tersebut, Gus Ipul mengatakan dirinya pun dulu juga ingin ke UGM. "Saya dulu juga ingin kuliah di UGM, tapi tidak kesampaian," ucapnya.

Usai berdialog dengan siswa di lapangan basket, Gus Ipul ybeserta rombongan meninjau sejumlah ruangan di SMA Negeri 3, dilanjutkan memantau UNBK di ruang 2 SMA Negeri 1.

UNBK pada hari kedua mata pelajaran yang diujikan adalah Matematika. Sedangkan hari ketiga (Rabu, 12/4) adalah bahasa Inggris dan hari terakhir (Kamis, 13/4) mata ujian pilihan.(*)
Video oleh: Endang S

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017