Jember (Antara Jatim) - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 98 yang digelar di Desa Karangbayat, Kabupaten Jember, Jawa Timur memberikan pelayanan terbaik berbagai sektor untuk masyarakat desa setempat.

"Berbagai pelayanan diberikan kepada masyarakat di antaranya pengobatan gratis, pelayanan keluarga berencana, khitan massal, pembuatan administrasi kependudukan, imunisasi, dan pengurusan surat keterangan usaha," kata Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto di Jember, Kamis.

Dalam pembukaan TMMD 98 di Desa Karangbayat yang digelar Rabu (5/4) terlihat antusias masyarakat memanfaatkan momentum tersebut untuk mendapatkan pelayanan secara gratis cukup tinggi karena terbukti pengobatan gratis yang targetnya 100 orang, namun dalam pelaksanaannya sebanyak 333 orang yang mengikuti kegiatan itu.

Kemudian khitan massal yang target awal 20 anak, namun yang mendaftar untuk khitan di Desa Karangbayat 35 anak, pelayanan KB diikuti 17 orang, kemudian 32 orang mengikuti pemeriksaan skreening kanker payudara, dan 123 balita ikut kegiatan posyandu.

Untuk pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di TMMD tercatat sebanyak 2.367 dokumen yang diterbitkan dengan jenis pelayanan perekaman KTP elektronik, pembuatan kartu keluarga, dan akta kelahiran. 

"Masyarakat mendapatkan pelayanan yang prima tanpa dipungut biaya alias gratis dalam kegiatan TMMD tersebut karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember mendukung penuh kegiatan TMMD 98 yang bermanfaat untuk masyarakat," tuturnya.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 tahun 2017 yang digelar di Kabupaten Jember mengangkat tema "Dengan Semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat, Kita Percepat Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dalam Menjaga Keutuhan NKRI".

"Kegiatan pembelajaran kepada masyarakat yang belum bisa membaca juga dilakukan sebagai upaya untuk menekan angka buta aksara di Kabupaten Jember," katanya.

Ia menjelaskan pelaksanaan TMMD di Desa Karangbayat merupakan upaya untuk meningkatkan indeks pembangunan desa karena tugas pokok TNI bukan hanya ikut berperang tapi juga ikut membangun, membantu masyarakat dan membantu pemerintah kabupaten untuk menyukseskan program pembangunan.

Sementara Bupati Jember Faida mengatakan Pemkab Jember sangat mendukung penuh kegiatan TMMD di Desa Karangbayat karena diharapkan semua program TNI Manunggal Membangun Desa dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa setempat.

"Kerja sama Pemkab dengan TNI sudah berjalan di berbagai sektor, mulai dari pertanian hingga pembangunan. Bahkan saya menargetkan TMMD di Jember menjadi yang terbaik di Indonesia," tuturnya.

Bupati perempuan pertama di Jember itu juga memanfaatkan momentum pembukaan TMMD untuk "ngantor" pertama kalinya di desa dengan mengadakan rapat dan menyerap aspirasi masyarakat secara langsung.

"Ngantor di desa merupakan salah satu upaya Pemkab Jember untuk menuntaskan program kerja agar sampai manfaatnya di masyarakat, sehingga kegiatan berkantor di desa juga disinergikan dengan kegiatan TMMD," ujarnya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017