Bangkalan (Antara Jatim) - Sebanyak 127 lSLTA di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur tahun ini siap melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang akan digelar mulai 3 April 2017.

"Ke-127 lembaga ini terdiri dari SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Bangkalan ini," kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Jawa Timur Cabang Bangkalan Mariyono di Bangkalan, Selasa.

Perinciannya, sebanyak 10 SMA Negeri, 10 SMK Negeri, 41 SMA swasta, dan 51 SMK swasta. 

Ia menjelaskan, tahun ini sebanyak 30 SMK tercatat sebagai penyelenggara UNBK, sedangkan sebanyak 21 SMK lainnya sebagai penggabung. 

Sementara itu, untuk SMA, terdiri dari 35 lembaga penyelenggara UNBK, sedangkan jumlah SMA penggabung sebanyak 31 sekolah.

Dibanding tahun lalu, jumlah lembaga pendidikan tingkat SMA dan yang sederajat yang menyelenggarakan UNBK lebih banyak.

Sebab, sambung dia, pada pelaksanaan ujian nasional 2016, jumlah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan UNBK hanya delapan lembaga.

"Kami sudah menginstruksikan kepada masing-masing sekolah agar mempersiapkan siswa-siswinya menghadapi UNBK ini, dengan menggelar uji coba," katanya.

Sesuai jadwal, pelaksanaan UNBK secara nasional akan digelar mulai tanggal 3 hingga April 2017 untuk SMK, sedangkan UNBK SMA/MA mulai tanggal 10 hingga 13 April 2017.

Mata pelajaran yang akan diujikan meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Teori Kejuruan untuk SMK, dan mata pelajaran pilihan sesuai jurusan untuk SMA dan MA. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017