Surabaya (Antara Jatim) - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir mendorong Universitas Airlangga (Unair) untuk melakukan riset yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pulau Madura di berbagai bidang.

Di sela kunjungan kerjanya di Surabaya, Senin, Menristek Dikti mengapresiasi upaya kampus Unair yang telah melakukan kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya untuk melakukan riset dalam hal meningkatkan kesehatan masyarakat di Madura. 

Dia mengakui bahwa tingkat kesehatan masyarakat di Pulau Madura saat ini masih terbilang rendah dibandingkan tingkat kesehatan masyarakat daerah lain. 

"Sehingga perlu kita lakukan edukasi agar jangan terjadi 'low. Harus 'high', caranya ya dengan riset, yang salah satunya akan dilakukan oleh Unair bekerja sama dengan RSUD Dr Soetomo," ujarnya.

Namun, mantan rektor Universitas Diponegoro Semarang ini mendorong agar Unair tidak hanya melakukan riset di Pulau Madura terkait upaya peningkatan kesehatan saja. 

"Mungkin Unair juga dapat melakukan pendampingan sosial bagi masyarakat Madura untuk meningkatkan kesejahteraannya di bidang sosial. Unair kan juga punya fakultas di bidang sosial," ujarnya.

Selain itu, Menristek menambahkan, Unair melalui Fakultas Ekonomi juga dapat melakukan riset di bidang ekonomi yang nantinya dapat langsung bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di sana. 

"Ini adalah tugas yang harus dilakukan Unair. Riset di segala bidang yang dilakukannya harus berdampak bagi masyarakat dan yang paling penting adalah bisa dirasakan hasilnya oleh masyarakat secara luas," tuturnya.  

Selanjutnya Menristekdikti menugaskan Gubernur Jawa Timur Soekarwo untuk turut mendalami riset-riset yang akan dilakukan Unair dalam rangka meningkatkan kesejahteraan di Madura.

"Ini 'support' yang luar biasa sekali dari Pak Menristekdikti," ucap Gubernur Soekarwo, yang turut mendampingi kunjungan Menristekdikti di Jawa Timur. 

Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo ini mengatakan saat ini provinsi yang dipimpinnya memang sedang gencar melakukan kerja sama dalam hal peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui koordinasi dengan berbagai lembaga.

Dalam hal riset dengan lembaga kampus, dikatakan Soekarwo, memang baru dilakukan dalam bidang kesehatan, yaitu bekerja sama dengan Unair dan RSUD dr Soetomo, yang merupakan rumah sakit milik Provinsi Jawa Timur.   

"Sebab di bidang kesehatan ini sudah ada ketentuan dari Menteri Kesehatan dan juga Pak Menristekdikti. Kita telah menindaklanjutinya dengan menerbitkan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2014, bahwa lulusan dokter, serta antara Ikatan Dokter Indonesia, Dinas Kesehatan dan asosiasi lain harus bersinergi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat," tuturnya.

Gubernur lebih lanjut berterima kasih kepada Menristekdikti yang mendorong kerja sama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang lainnya, yang salah satunya akan dilakukan melalui riset oleh kalangan perguruan tinggi. 

"Saya rasa masyarakat Madura nantinya akan berterima kasih kepada Pak Menristekdikti yang telah mendorong  Unair ataupun kampus lainnya untuk melakukan riset demi peningkatan kesejahteraan masyarakat di berbagai bidang," imbuhnya. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017