Surabaya (Antara Jatim) - Sejumlah hotel di Surabaya akan dipadamkan lampunya selama satu jam pada Sabtu malam, 25 Maret, dalam rangka memperingati Hari Bumi 2017.

"Pemadamannya nanti pukul 20.30-21.30 WIB serentak di beberapa hotel di Surabaya," ujar Ketua I Forum Komunikasi Hotel dan Media Kota Surabaya Setiawan Nanang ketika dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu.

Kegiatan ini digelar tahunan secara global yang diikuti oleh seluruh dunia dengan memadamkan lampu atau peralatan yg menggunakan listrik selama satu jam serentak di seluruh dunia, setiap Sabtu terakhir bulan Maret.

Menurut dia, pemadaman dilakukan untuk penghematan energi sekaligus meningkatkan kesadaran perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim serta pemanasan global.

Beberapa hotel yang mengikuti kegiatan antara lain Hotel Harris-POP Gubeng yang memadamkan lampunya di area lobi, kemudian Artotel memadamkan lampunya selama dua jam, dan sejumlah hotel lainnya.

Ada juga hotel yang dalam rangka Hari Bumi membuat kegiatan, salah satunya di Hotel Ciputra world yang karyawannya membuat barang-barang daur ukang untuk dipamerkan di lobi.

Pihaknya berharap kegiatan ini dilaksanakan secara totalitas dan berkesinambungan agar tujuan dan dampaknya dapat dirasakan secara signifikan.

"Kepada rekan-rekan manajemen hotel, kami minta aktif mengkampanyekan kegiatan ini serta mengajak industri lainnya ikut berpartisipasi," ucap Iwan, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga mengimbau perkantoran dan masyarakat maupun di wilayahnya memadamkan listrik serentak nanti malam.

"Sesuai hasil rapat rencana kegiatan Hari Bumi, diharapkan semuanya ikut memadamkan listrik pada pukul 20.30-21.30 WIB," ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim Benny Sampir Wanto. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017