Kediri (Antara Jatim) - Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Kediri, Jawa Timur, mulai  turun nenjadi Rp65 ribu per kilogram, jauh ketimbang beberapa pekan lalu yang harganya hingga Rp140 ribu per kilogram.
     
Di Pasar Setonobetek, Kediri, Harga cabai rawit hanya Rp65 ribu per kilogram, turun ketimbang sebelumnya yang masih seharga Rp72.500 per kilogram. 
     
"Harganya sudah Rp65 ribu per kilogram. Ini kata pedagang turunnya sudah sekitar satu pekan ini," kata Aminah, salah seorang pembeli di Pasar Setonobetek, Kota Kediri, Sabtu.
     
Ia mengaku senang dengan turunnya harga cabai tersebut. Ia bisa lebih menghemat uang belanjanya, sehingga bisa digunakan untuk membeli kebutuhan pokok lainnya.
     
Ia masih ingat saat harga cabai yang naik sangat drastis, hingga Rp140 ribu per kilogram. Harga itu bahkan jauh lebih mahal ketimbang harga daging sapi yang harganya sekitar Rp90 ribu per kilogram. 
     
Sementara itu, selain harga cabai rawit, cabai keriting juga relatif terjangkau. Harganya hanya Rp26.500 per kilogram dan cabai besar bisa yang hanya Rp23 ribu per kilogram.
     
Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri Dian Ariani menduga, turunnya harga cabai itu karena panen raya di sejumlah daerah sudah terjadi.
     
"Panen raya juga sudah mulai banyak. Selain itu, penyakit yang menyerang cabai juga sudah mulai berkurang. Panen sebelumnya banyak cabai rusak, karena tingginya curah hujan," katanya.
     
Ia pun memprediksi, cabai impor yang sempat masuk ke pasar tradisional di Kediri dan sekitarnya ke depannya akan semakin berkurang, menyusul harga cabai yang sudah mulai murah. 
     
Ia menyebut, masyarakat lebih menyukai cabai segar ketimbang cabai kering, sebab dari sisi rasa lebih enak. Sementara, cabai impor dijual dalam bentuk cabai kering.
     
Pihaknya juga menduga, harga cabai akan lebih murah lagi ke depannya. Ia berharap, dengan semakin murahnya harga cabai, daya beli masyarakat lebih baik, dan tidak memengaruhi tingginya inflasi di Kediri. 
     
"Melihat kondisi sekarang ini, kemungkinan harga cabai bisa turun lagi," kata Dian. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017