Surabaya (Antara Jatim) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengimbau masyarakat di wilayahnya memadamkan listrik serentak selama sejam dalam rangka memperingati Hari Bumi pada Sabtu, 25 Maret 2017.

"Sesuai hasil rapat rencana kegiatan Hari Bumi, diharapkan semuanya ikut memadamkan listrik pada pukul 20.30-21.30 WIB," ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim Benny Sampir Wanto kepada wartawan di Surabaya, Rabu.

Imbauan pemadaman listrik selama sejam itu juga akan disampaikan Gubernur Jatim Soekarwo  melalui surat yang ditujukan kepada seluruh masyarakat, mulai tingkat RT/RW, perusahaan dan mal-mal di wilayahnya.

Tak hanya penghematan listrik, aksi ini juga bertujuan menyelamatkan bumi dari ancaman pemanasan global.

Jatim, kata dia, siap serta mendukung dan komitmen aksi mendukung perubahan jangka panjang, salah satunya mengajak semua individu menjadikan sejuta kaos bekas sebagai tas pakai ulang sebagai upaya mengurangi konsumsi kantong plastik.

Selain memadamkan listrik, masih banyak kegiatan-kegiatan lain yang mendukung perbaikan lingkungan antara lain sosialisasi dan edukasi ke sekolah, dan kampus serta kelompok-kelompok masyarakat untuk mengurangi penggunaan listrik secara berlebihan.

"Pemanfaatan barang-barang bekas untuk menjadi barang yang bernilai ekonomi dan menanam sejuta pohon juga menjadi kegiatan pendukung lainnya," ucapnya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017