Sumenep (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, meminta wisatawan ikut menjaga dan melestarikan kawasan terumbu karang di Pantai Pulau Gililabak, Kecamatan Talango.

"Keindahan terumbu karang merupakan ikon Pantai Pulau Gililabak sebagai objek wisata. Kekayaan alam tersebut harus dijaga oleh siapa pun, termasuk para wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Sufiyanto di Sumenep, Sabtu.

Bentangan pasir putih dengan ombaknya yang landai plus pemandangan bawah laut (terumbu karang) itu yang membuat wisatawan berdatangan ke Pantai Pulau Gililabak.

Disparpora Sumenep senantiasa mengingatkan kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat agar ikut menjaga sekaligus mengingatkan para wisatawan agar tidak merusak terumbu karang.

"Kami juga berkoordinasi dengan perwakilan biro perjalanan wisata guna memastikan kliennya yang melakukan 'snorkeling' (selam permukaan) maupun 'diving' (menyelam) untuk menjaga terumbu karang tersebut," kata Sofi, menerangkan.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang peduli dan ikut menjaga kelestarian terumbu karang di Pantai Pulau Gililabak.

"Kami tentunya juga akan terus membenahi dan menambah fasilitas penunjang yang dibutuhkan para wisatawan, baik melalui alokasi dana dari APBD maupun hasil sinergi dengan pihak ketiga," ujarnya.

Sejak pertengahan 2014, Pantai Pulau Gililabak di Desa Kombang, Kecamatan Talango menjadi salah satu objek wisata alam di Sumenep yang ramai dikunjungi wisatawan. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017