Surabaya (Antara Jatim) - Dewan Koordinasi Wilayah Garda Bangsa Jawa Timur menggalakkan Gerakan Sadar Lingkungan dengan menggelar bakti sosial dan bersih-bersih lingkungan sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat.

"Bersih-bersih lingkungan adalah kegiatan yang mudah dan sangat banyak manfaatnya," ujar Ketua DKW Garda Bangsa Jatim Ka'bil Mubarok di sela bersih-bersih saluran air di kampung Keputran Surabaya, Sabtu.

Kegiatan yang digelar sekaligus menyambut Hari Lahir ke-18 Garda Bangsa tersebut dilakukan bersama warga sekitar.

Menurut dia, Gerakan Sadar Lingkungan harus digalakkan karena cuaca yang tidak baik di beberapa daerah, termasuk Kota Surabaya.

"Intinya, kami ingin memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk peduli lingkungan. Bersihkan saluran air lainnya agar tidak terjadi banjir," ucap anggota DPRD Jatim tersebut.

Tak itu saja, pihaknya berharap kesadaran tinggi dari masyarakat agar tak segan dan tidak malas membersihkan lingkungan karena imbasnya yang sangat besar.

Kegiatan bersih-bersih lingkungan, kata dia, akan digelar rutin dan di sejumlah daerah di Jatim, khususnya daerah rawan bencana alam.

"Bisa dilakukan di daerah lain yang memiliki tingkat kerawanan bencana cukup tinggi. Kita siapkan relawan siaga bencana di daerah-daerah yang sewaktu-waktu bisa diterjunkan," katanya.

Sementara itu, Ketua RW I Keputran, Lutfie, menyambut positif kegiatan bersih-bersih saluran air yang digelar Garda Bangsa karena memotivasi dan mengajak masyarakat untuk tak membuang sampah sembarangan.

"Kalau saluran air bersih maka air hujan mengalir dan di sini tak akan banjir. Terima kasih karena telah menjadi pemicu dan masyarakat harus sadar terhadap pentingnya kebersihan lingkungan," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017