Surabaya (Antara Jatim) - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) mendukung PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menjadi kawasan "greenport" atau pelabuhan yang ramah lingkungan, dengan menjalin kerja sama dalam hal pengelolaan gas alam cair (LNG).
    
Kedua perusahaan badan usaha milik negera (BUMN) itu mengawali kerja sama tersebut dengan penandatanganan nota kesepahaman di Surabaya, Jumat. 
    
Direktur Komersial PT PGN Danny Praditya mengatakan sebelumnya bersama PT Pelindo III pihaknya telah memiliki unit bisnis di bidang Terminal LNG di Pelabuhan Benoa, Bali, yang saat ini juga menyalurkan gas untuk pembangkit listrik PLTDG Pesanggaran. 
    
Selanjutnya, dengan kerja sama ini, PT PGN akan mengembangkan ke cabang-cabang PT Pelindo III lainnya. 
    
"Saat ini kami sudah masuk ke Terminal Teluk Lamong dan Tanjung Perak di Surabaya. Untuk suplainya kami sedang melakukan klasifikasi operasional di seluruh wilayah kerja PT Pelindo III demi tercapainya tujuan menjadi greenport," ujarnya.
    
Intinya, Danny menegaskan, kerja sama ini adalah mendukung seluruh wilayah kerja PT Pelindo III di kawasan Indonesia Timur sebagai pelabuhan greenport. 
    
Direktur PT Pelindo III Orias Petrus Moedak menyebut kerja sama dengan PGN sebagai bentuk sinergi BUMN untuk memanfaatkan potensi gas bumi maupun gas alam cair. 
    
"Pelindo III berkomitmen dalam hal pemanfaatan energi yang ramah lingkungan dalam operasional pelabuhan," ujarnya.
    
Dia mencontohkan, Terminal Teluk Lamong di Surabaya saat ini telah membatasi operasional truk hanya untuk truk berbahan bakar gas.
    
PT Pelindo III, dia menambahkan, juga berencana untuk memenuhi pasokan listrik melalui pembangkit agar pasokan listrik yang tadinya hanya untuk pelabuhan dapat kembali dialokasikan kepada masyarakat. 
    
Orias menyebut kerja sama dengan PGN dinilai tepat karena perusahaan bisnas gas bumi itu telah membangun dan mengelola 80 persen infrastruktur gas bumi di Indonesia dengan panjang pipa yang mencapai 3.200 kilometer.
    
Dengan begitu dia meyakini PGN akan dapat membantu Pelindo III dalam hal pemenuhan gas di seluruh pelabuhan yang menjadi walah kerjanya.
    
Dalam kerja sama ini, PT PGN juga akan membantu Pelindo III dalam hal penyiapan stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG), sumber daa manusia dalam bidang teknik, pembangkit listrik, dan penyediaan layanan jaringan telekomunikasi melalui jaringan kabel serat optik.  
    
"Yang pasti dengan kerja sama ini masing-masing pihak dapat saling belajar dan daling mengisi untuk kepentingan bisnis masing-masing yang tentunya demi bangsa dan negara," kata Orias. (*) 

Pewarta: Hanif N

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017