Surabaya (Antara Jatim) - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto menyambut kedatangan KRI Sultan Iskandar Muda 367 yang baru saja menyelesaikan Latihan Bersama (Latma) Multinasional dengan sandi AMAN 2017 di Pakistan.
    
Bertempat di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung, Surabaya, Selasa, Pangarmatim memberikan pengalungan bunga kepada Komandan KRI Sultan Iskandar Muda Letkol Laut (P) Rio Henrymuko, yang dilanjutkan dengan ucapan selamat kepada 102 prajurit TNI AL di atas geladak kapal tersebut.
    
Pangarmatim menyebut keberhasilan melaksanakan latihan di Pakistan adalah untuk membangun persamaan persepsi guna meningkatkan interoperabilitas antara TNI Angkatan Laut regional dan non-regional demi terwujudnya situasi lingkungan maritim yang kondusif.
    
"KRI Sultan Iskandar Muda berhasil melaksanakan Latma Multinasional AMAN di Karachi, Pakistan, yang merupakan kegiatan diplomasi antar negara," ujarnya.
    
Dia menjelaskan, latihan ini diikuti 23 negara, yang berlangsung selama empat hari, 10 - 14 Februari 2017. Sedangkan perjalanan KRI Sultan Iskandar Muda dari Koarmatim ke Pakistan pulang-pergi menempuh waktu selama 47 hari.
    
Dalam latihan tersebut, KRI Sultan Iskandar Muda menyertakan Satuan Komando Pasukan Katak. Di Pakistan, mereka berlatih peperangan udara, selain juga peperangan di permukaan maupun di bawah permukaan, serta latihan-latihan khusus lainnya. 
    
"Pelatihan yang diperankan oleh pasukan katak kita mendapatkan tanggapan sangat positif dari Angkatan Laut Pakistan," ucap Pangarmatim.
    
Dia menambahkan, inti utama dari latihan bersama ini adalah membangun dan mempererat hubungan antara Indonesia dan negara-negara peserta. "Kru kita saat di Pakistan telah melakukan diplomasi dengan mengenalkan Indonesia melalui pentas seni dan budaya di atas KRI Sultan Iskandar Muda," imbuhnya. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017