Malang, (Antara Jatim) - Menjelang digelarnya Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2017, Pemkot Malang meluncurkan Indonesia City Expo (ICE) 2017 sebagai pekan promosi kota-kota di Indonesia, Senin.
    
Peluncuran ICE 2017 dilakukan Wali Kota Malang, Jawa Timur, Moch Anton, didampingi sejumlah kepala daerah dari berbagai kota di pelosok Tanah Air. "Kami harus menyiapkan secara sempurna peyelenggaraan Apeksi yang digelar pertengahan tahun ini," kata Anton di sela peluncuran ICE 2017 di Malang.
    
Ia mengakui bukan hal yang mudah bagi Kota Malang untuk mempersiapkan hal tersebut, namun pihaknya akan terus berbenah demi suksesnya penyelenggaraan kegiatan Rakernas Apeksi tesrebut.
    
Politisi PKB itu berharap berharap dengan terpilihnya Kota Malang sebagai tuan rumah Rakernas Apeksi, ada banyak hal positif dan inovatif dari kota pendidikan ini yang dapat diadopsi oleh kota-kota lainnya di Indonesia, khususnya peserta Rakernas Apeksi.
    
Lebih dari 70 kota di seluruh Indonesia yang akan mengikuti Rakernas Apeksi di Kota Malang pada pertengahan tahun ini. Salah satu agenda penting selain Rakernas adalah pelaksanaan expo (ICE) yang akan diikuti oleh seluruh delegasi dari masing-masing kota.
    
"Melalui even itu akan muncul potensi dari kota lain yang dapat terus dipromosikan dan hasilnya nanti akan sangat berpengaruh terhadap perputaran dan peningkatan perekonomian masyarakat, tak terkecuali di Kota Malang," ujarnya.
    
Sementara itu, Direktur Eksekutif Apeksi Sarimun Hadisaputra mengatakan Kota Malang terpilih sebagai lokasi sekaligus tuan rumah penyelengaraan Rakernas Apeksi 2017, karena kota itu cukup mendukung, baik sarana maupun prasarana lainnya, meski jumlah tamu (peserta) cukup banyak dan dalam jumlah besar.
    
"Kota Malang memiliki banyak potensi positif yang dapat dijadikan sarana belajar bagi kota-kota lainnya, baik sektor pariwisata, ekonomi, industri, kesehatan, pelayanan publik, serta banyak hal positif lainnya yang bisa diadopsi dan diterapkan di kota masing-masing," ujarnya.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017