Sidoarjo (Antara Jatim) - Letkol Mar Prasetyo Pinandito menjabat Komandan Batalyon Infanteri (Yonif)-3 Marinir menggantikan Letkol Mar Rivelson Saragih yang akan menempati jabatan baru sebagai Paban Ops di Staf Operasi Pasmar-1.

Komandan Brigade Infanteri-1 Marinir Kolonel Marinir I Made Sukada di Sidoarjo, Selasa mengatakan rotasi jabatan dalam suatu organisasi pada dasarnya merupakan kesinambungan kepemimpinan.

"Selain itu, juga sebagai bagian penting dari pembinaan kesatuan dalam rangka mendinamisasikan organisasi agar senantiasa responsif dan antisipatif terhadap perkembangan situasi dan tugas mendatang," katanya dalam upacara serah terima jabatan di lapangan apel Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo.

Ia mengemukakan, makna penting yang terkandung dalam serah terima jabatan Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir, yaitu terealisasinya upaya kaderisasi guna mendapatkan pembaharuan semangat dan penyegaran pikiran.

"Serta memberikan kesempatan dan peluang bagi perwira yang bersangkutan dalam mengembangkan kemampuan manajerial dan kepemimpinan lapangan dalam menghadapi dan menjawab tantangan tugas yang selalu berkembang setiap saat," katanya.

Ia mengatakan, Batalyon Infanteri-3 Marinir merupakan kekuatan utama Brigif-1 Marinir yang mempunyai tugas pokok membina kemampuan dan menyiapkan kekuatan untuk melaksanakan operasi amphibi, operasi pertahanan, operasi pengamanan pulau-pulau terluar yang bersifat strategis serta operasi-operasi tempur lainnya sesuai dengan kebijakan komando atas.

"Harus patut bersyukur, walaupun dihadapkan dengan berbagai keterbatasan sumber daya yang ada, Batalyon Infanteri-3 Marinir telah mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan tuntutan yang berkembang dan mampu menggelar kekuatan sesuai dengan keinginan pimpinan," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengucapkan selamat bertugas kepada Letkol Mar Prasetyo Pinanditosebagai Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir. 

"Dengan pengalaman yang saudara dimiliki, saya yakin Letkol Mar Prasetyo Pinandito mampu melaksanakan tugas dengan baik," katanya dalam keterangan pers.

Selain itu, dirinya mengharapkan supaya pejabat baru dapat mempertahankan keberhasilan yang telah dicapai serta meningkatkan kerja sama dan keterpaduan, baik di dalam maupun di luar kesatuan demi keberhasilan tugas.

"Kepada Letkol Mar Rivelson Saragih, Komandan Brigif-1 Mar atas nama pribadi dan segenap jajaran Brigif-1 Mar mengucapkan terima kasih atas jerih payah dan pengabdiannya, serta selamat menempati jabatan baru sebagai Paban Ops di Staf Operasi Pasmar-1," katanya.

Selain itu, kata dia, Komandan Brigif-1 Marinir juga berharap kepada seluruh prajurit ‘Hiu Petarung’ (sebutan Yonif-3 Mar) agar tetap memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pelaksanaan tugas pejabat yang baru.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Muh. Anwar Nasir, Dandim Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono,  Wadan Brigif-1 Marinir Letkol Mar Dede Harsana, Pasintel Letkol Mar M. Amin,   Pasops Letkol Mar Bakti Dasasasi Penanggungan, Paspers Letkol Mar Yudinanto, Paslog Letkol Mar Yudi Asmar, Danyonif-1 Mar Letkol Mar Argo Setiyono, Danyonif-5 Mar Letkol Mar Burhanudin, para dansatlak Pasmar-1 dan Pejabat TNI – Polri wilayah Sidoarjo.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017