Sidoarjo (Antara Jatim) - Siswa Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Sidoarjo, Jawa Timur, menciptakan alat bantu berupa kaki palsu yang bisa digunakan untuk membantu penyandang disabilitas.

Siswa kelas X Smamda Sidoarjo, Muhammad Almas Bukhori di Sidoarjo, Kamis mengatakan dengan menggunakan kaki palsu tersebut para penyandang disabilitas bisa lebih fleksibel dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

"Hal ini karena alat tersebut bisa bergerak menekuk sesuai dengan perintah dari si pemakainya," katanya.

Ia mengemukakan, kelebihan alat ini adalah adanya penggunaan sensor pada bagian atas kaki palsu yang bisa mendeteksi kebutuhan penyandang disabilitas ini.

"Misalnya, kalau sensor tersebut bergerak ke depan, maka motor pada kaki palsu ini akan mengikuti gerakan pada sensor tersebut. Artinya kaki palsu ini lebih fleksibel jika dibandingkan dengan kaki palsu konvensional yang lebih kaku," katanya.

Pada kesempatan yang sama, rekan satu timnya Widia Widati mengaku untuk membuat kaki palsu ini dibutuhkan biaya sekitar tiga juta rupiah.

"Harganya cukup terjangkau karena fungsi dan kegunaan kaki palsu ini cukup bagus dan bisa dikembangkan lebih baik lagi," katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAMDA 2 Sidoarjo, Wigatingsih mengatakan bahwa sangat mendukung dan mengapresiasi ciptaan mereka yang ingin bermanfaat bagi semua orang. 

"Kami berharap kepada semua peserta didiknya, khususnya kepada mereka berdua untuk terus meningkatkan dan menciptakan kreativitas-kreativitas lainnya yang bermanfaat bagi semua orang," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017