Surabaya (Antara Jatim) - Kolonel Marinir Wurjanto menjabat Komandan Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) menggantikan pejabat lama Kolonel Marinir Imam Sopingi yang akan menempati jabatan baru sebagai Wakil Komandan Lantamal IX Ambon.

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) R.M Trusono, S.Mn. melantik Kolonel Marinir Wurjanto sebagai Komandan Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) dalam upacara Serah Terima Jabatan Komandan Kolatmar di Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Senin.

"Serah terima jabatan merupakan proses kesinambungan pembinaan satuan dan dinamisasi suatu organisasi, yang diarahkan bukan saja untuk peremajaan dan kaderisasi kepemimpinan namun untuk mendorong semangat pembaharuan dan penyegaran pemikiran yang diorientasikan pada peningkatan kinerja organisasi," katanya.

Selain itu, kata dia, pergantian jabatan juga ditujukan untuk meningkatkan kualitas organisasi sehingga lebih efektif dalam pelaksanaan tugas pokoknya dan mampu menghasilkan output yang sesuai harapan dari waktu ke waktu. 

"Serah terima jabatan juga sebagai peluang untuk membangun reputasi dan prestasi, yaitu sejauh mana kepemimpinan, kreativitas dan inovasi serta kemampuan konseptual yang dapat dikembangkan, dengan harapan mampu membawa manfaat bagi organisasi dalam rangka menyikapi fenomena perkembangan lingkungan strategis yang multi dimensional," katanya.

Dalam keterangan persnya dia mengatakan Komando Latih Korps Marinir merupakan komando pelaksanan Korps Marinir yang memiliki nilai stategis dan mempunyai tugas pokok melaksanakan rencana dan program pembinaan kemampuan kolak-kolak Marinir.

"Baik sebagai pasukan pendarat amfibi, operasi darat dan operasi khusus melalui latihan, penelitian, pengkajian serta pengembangan taktik dan prosedur dalam rangka pembinaan kekuatan Korps Marinir yang professional," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Korps Marinir itu, atas nama pribadi dan pemimpin Korps Marinir menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Marinir Imam Sopingi atas dharma bakti dan pengabdian serta dedikasi yang tulus dalam memimpin dan memajukan Komando Latih Korps Marinir. 

Ucapan selamat juga disampaikan kepada Kolonel Marinir Wurjanto atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan Korps Marinir sebagai Komandan Komando Latih Korps Marinir yang baru.

"Saya yakin dan percaya, dengan latar belakang pengalaman penugasan diberbagai bidang dan pengetahuan yang dimiliki, kolonel akan mampu memimpin Komando Latih Korps Marinir untuk menjawab berbagai tantangan tugas yang diemban, sekaligus memantapkan soliditas ke dalam maupun dengan unsur-unsur TNI dan Polri," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017