Sidoarjo (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo membentuk satuan tugas lingkungan dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional tahun 2017 di Parkir Timur GOR Sidoarjo, Jumat.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Jumat mengatakan, satuan tugas yang dikukuhkan kali ini adalah para camat yang ada di seluruh Kabupaten Sidoarjo, Jatim.

"Dengan adanya satuan tugas ini diharapkan akan terjadi perubahan paradigma baru tentang lingkungan sehat di Kabupaten Sidoarjo," katanya.

Dirinya berharap kepada satgas lingkungan yang juga bertindak sebagai polisi sampah untuk menindak tegas masyarakat yang membuang sampah sembarangan. 

"Namun tindakan tersebut harus diawali dengan peringatan dan teguran. Apabila hal tersebut tidak dihiraukan maka polisi sampah harus mengambil tindakan hukum yakni tindak pidana ringan bagi pembuang sampah sembarangan," katanya.

Ia meminta kepada para camat se-Kabupaten Sidoarjo untuk dapat menindak lanjuti kegiatan kali ini karena akan ada satgas lingkungan tingkat RT dan RW yang di kukuhkan oleh para camat masing-masing. 

"Masih banyak masyarakat yang tidak peduli akan lingkungannya. Kesadaran masyarakat akan kesebersihan lingkungannya masih kurang," katanya.

Menurutnya, masih sering dijumpai membuang sampah sembarangan dan oleh karena itu kegiatan seperti ini dilakukan sebagai upaya menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya.
 
"Saya berpesan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dan meminta kepada masyarakat untuk rutin mengadakan kerja bakti setiap satu bulan sekali," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo M. Bahrul Amiq mengatakan rangkaian kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional telah diawali dengan berbgai kegiatan tentang peduli sampah.

"Kegiatan tersebut antara lain lomba lingkungan, lomba daur ulang sampah serta pembuatan komposter," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017