Surabaya (Antara Jatim) - Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) menggelar operasi katarak dan bimbir sumbing pada 23-25 Februari 2017 di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

"Lokasinya di Bondowoso karena Pemerintah Kabupaten setempat siap mengerahkan pasien yang akan dioperasi," ujar Ketua Panitia Bakti Sosial Kagama dr Agus Santoso Budi.

Dalam siaran pers yang diterima Antara di Surabaya, Kamis, bakti sosial yang terselenggara atas kerja sama Kagama Kedokteran angkatan 1983, Pengda Kagama Jatim dan Pemkab Bondowoso itu akan dilakukan operasi terhadap 100 orang penderita katarak, 30 orang bibir sumbing dan empat orang penderita hidrocephalus (kepala besar).

Kegiatan serupa, kata dia, nantinya akan digelar di sejumlah daerah dan rutin dilakukan sejak 2008.

"Kegiatan ini juga sebagai ajang reuni sekaligus penerapan ilmu yang pernah kami terima di kampus untuk membantu masyarakat," ucap dokter yang pernah menangani operasi "face off" Lisa, di RSUD dr Soetomo Surabaya tersebut.

Selain itu, kegiatan ini sesuai arahan Ketua Kagama Pusat Ganjar Pranowo agar alumni UGM tak berhenti ambil bagian dan ikut membangun bangsa di berbagai daerah.

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah Kagama Jatim Arif Afandi menyampaikan bakti sosial ini sebagai wujud komitmen para alumni untuk membantu pemerintah dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat.

"Kami membantu warga miskin yang tadinya tidak bisa melihat karena katarak bisa melihat kembali," kata Wakil Wali Kota Surabaya periode 2005-2010 tersebut.

Kagama Jatim, lanjut dia, berterima kasih kepada Bupati Bondowoso yang memberikan fasilitas rumah sakit untuk kegiatan dan berharap mendapat kesempatan sama untuk di daerah-daerah lain.

"Kami ingin meneruskan program ini di berbagai daerah di Jatim, khususnya di lokasi yang masih banyak warga miskin," kata pria yang kini berprofesi sebagai pengusaha tersebut. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017