Kediri (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Perusahaan Daerah Perkebunan Margomulyo di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengembangkan taman bunga, sebagai upaya menarik kunjungan wisatawan.

Kepala Bagian Divisi Usaha Wisata PDP Margomulyo Kabupaten Kediri Budi Setiawan, Rabu mengemukakan, pihaknya ingin lebih mengembangkan potensi wisata di areal Gunung Kelud (1.731 meter di atas permukaan laut), sehingga pengunjung memiliki banyak tempat yang ingin disinggahi.

"Ini jadi wisata alternatif selain ke Gunung Kelud dengan konsep taman bunga. Pengunjung bisa berwisata," katanya di Kediri.

Ia mengatakan, konsep taman itu diberi nama "Taman Agro Margomulyo" dan menjadi bagian dari PDP Margomulyo, Kabupaten Kediri. Di tempat ini, sengaja banyak ditanam beragam jenis bunga, sesuai dengan namanya.

Menurut dia, taman ini baru dibuat sekitar Oktober 2016 dan baru dibuka awal 2017 dengan luas lahan sekitar 2 hektare. Animo pengunjung cukup bagus, yang dilihat dari jumlah kunjungan antara 700-1.000 orang per hari.

Selain ada taman bunga, Budi menyebut terdapat beragam wahana lainnya di tempat ini, misalnya tempat "Selfie", ayunan gantung atau "Hammock", gazebo untuk tempat istirahat.

Di tempat ini, juga terdapat fasilitas lainnya, misalnya kafe, beragam "Landmark" atau ciri khas suatu kota yaitu patung Lembu Suro, Dewi Kilisuci, hingga permainan Fying fox".

Pihaknya sengaja membuat wisata ini, sebagai bagian dari paket wisata yang dibuat pemerintah. Selama ini, saat ke Kecamatan Ngancar, wisatawan selalu mengunjungi Gunung Kelud, sehingga dengan membuat wisata baru, pengunjung akan semakin mendapatkan referensi tempat menarik yang dikunjungi selain Gunung Kelud.

Selain ada wisata kebun bunga itu, Budi mengatakan, sebenarnya sudah menawarkan paket wisata berkunjung, yang dimulai dengan zona sirkuit, yaitu dengan mobil jeep, motocros, hingga "Road race".

Setelahnya, pengunjung bisa menikmati waktu santai setelah lelah berpetulang di sirkuit dengan berkunjung ke kebun bunga, lalu ke zona produksi.

Pihaknya optimistis, dengan tempat baru ini, akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kediri, sehingga ke depan bisa lebih besar menyumbang PAD ke pemerintah. Terlebih lagi, perusahaan sudah membuat rancangan menambah sejumlah fasilitas baru di tempat itu.

"Kami akan tambah sejumlah fasilitas, misalnya perbaikan trotoar, tempat parkir, tambahan untuk tempat produk UMKM, hingga taman anggrek," ujarnya. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017