Kediri (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf meminta para pelajar di madrasah baik madrasah ibtidaiyah (MI/ setingkat SD), madrasah tsanawiyah (MTs/ setingkat SMP), dan madrasah aliyah (MA/ setingkat SMA) yang ikut Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) Jatim 2017 menunjukkan kemampuan maksimalnya.

"Ini kegiatan yang baik, seluruh yang berprestasi saya harap menunjukkan kemampuannya. Siapapun yang berprestasi di bidang dan seni dan olahraga," katanya di sela-sela membuka acara Aksioma Jatim 2017 di Stadion Canda Birawa di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Rabu.

Ia mengatakan, dalam kegiatan ini positif bagi para pelajar. Mereka bisa menyalurkan seni, budaya, serta olahraga dengan berkompetisi di kegiatan ini, dan tidak terjebak dengan penyalahgunaan narkoba.

Sementara itu, Ketua Panitia Aksioma Jatim Moh Amak Burhanudin mengatakan kegiatan ini diikuti pelajar dari MI, MTs, dan MA se-Jatim. Acara ini juga digelar berbeda dengan sebelumnya, di mana sebelumnya dilakukan masing-masing tingkatan.

"Agenda ini tahun sebelumnya sendiri-sendiri, MI, Mts dan MA, tapi tahun ini jadi satu dan Kabupaten Kediri jadi tuan rumah," katanya.

Ia mengatakan, dalam kegiatan ini diikuti 16 cabang olahraga dan seni, misalnya bulutangkis, tenis meja, atletik, catur, sementara untuk seni misalnya kaligrafi, pidato dengan tiga bahasa, hingga "Tahfidz Al Quran".  

Untuk kegiatan tersebut, ia mengatakan akan dibagi di sejumlah lokasi, misalnya di Kecamatan Gurah, Wates, Puncu, serta Kepung. Setiap daerah itu ada lomba tersendiri.

Amak menambahkan, kegiatan itu akan diikuti 4.900 peserta serta 6.490 "Oficial" dari sekolah 38 kabupaten/kota di Jatim. Kegiatan itu berlangsung empat hari, mulai Rabu (22/2).

Terkait dengan penginapan, ia mengatakan dari panitia hanya menyediakan sekolah dengan fasilitas karpet serta bantal untuk tempat sementara. 

"Penginapan sudah kami sampaikan hanya menyediakan sekolah, dengan fasilitas karpet dan bantal. Untuk konsumsi sendiri-sendiri," katanya.

Ia berharap, seluruh peserta juga bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya di kompetisi ini. Kegiatan ini juga sebagai persiapan untuk Aksioma tingkat nasional yang akan digelar di Yogyakarta sekitar Agustus 2017. 

Dalam pembukaan itu, diikuti seluruh kontingen dari seluruh daerah. Di acara tersebut, juga terdapat atraksi para pelajar dari Kediri, baik tarian maupun drumband. 

Selain dihadiri Wagub Jatim, juga petinggi kementerian agama tingkat Jatim hingga daerah, serta dari muspida Kabupaten Kediri.(*)
Video oleh : Asmaul C

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017