Sidoarjo (Antara Jatim) - Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Djoko Sartono, mengatakan Koperasi dan UKM mampu menopang sendi-sendi ekonomi kerakyatan. 

"Untuk itu, upaya menumbuhkembangkan perkoperasian terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo," katanya saat membacakan sambutan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) serta Unit Simpan Pinjam (USP) di Sidoarjo, Selasa.

Ia mengemukakan, koperasi dan UKM mempunyai kontribusi cukup penting diberbagai sektor kehidupan, baik bidang ekonomi, politik maupun sosial. 

"Koperasi merupakan salah satu pilar perekonomian yang mendapatkan perhatian pemerintah daerah maupun pusat. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo akan terus berupaya menumbuh kembangkan perkoperasian di Sidoarjo,"katanya.

Ia berharap melalui kegiatan seperti ini akan meningkatkan pengetahuan dan informasi pengelola koperasi tentang perkoperasian, seperti halnya informasi tentang sasaran layanan yang diberikannya. 

"Apakah koperasi yang dikelola tersebut sebagai badan hukum usaha koperasi atau sebagai Lembaga Keuangan Mikro (LKM). Karena sejak tahun 2016, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) turut memantau layanan koperasi dengan layanan non anggota," katanya.

Untuk itu, dirinya meminta kepada pengelola koperasi dapat mempertimbangkan jenis layanan usaha dan sasaran layanan yang dipilihnya. 

"Dengan demikian akan tercapai sinergitas antara pemerintah dengan koperasi demi mensejahterahkan masyarakat," katanya.
 
Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo M. Syafiq berharap melalui  Bimtek kali ini, pengelola koperasi simpan pinjam maupun koperasi wanita terampil dalam mengurus koperasinya. 

"Dengan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan mereka, maka koperasi di Kabupaten Sidoarjo akan semakin maju dan berkembang. Selaian itu, dengan Bimtek seperti ini pengelola koperasi akan memahami peraturan-peraturan perkoperasian yang ada," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017