Mojokerto (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jatim mendukung komitmen Indonesia bebas sampah 2020 melalui kegiatan menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa, Minggu mengatakan, dirinya berpesan kepada seluruh masyarakat khususnya Kabupaten Mojokerto supaya serius mendukung komitmen Indonesia Bebas Sampah 2020 yakni tidak mencemari sungai dengan sampah.

"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mojokerto untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan," katanya memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2017, yang dipusatkan di Mojokerto Kawasan Pariwisata (MKP) Brantas.

Ia mengemukakan, sampah hasil rumah tangga yang kadang masih ditemui di bantaran Sungai Brantas. 

"Pada peringatan Hari Sampah Nasional 2017 yang mengusung tema ‘Nenek Moyang Ku Orang Pelaut, Bukan Pembuang Sampah ke Laut’ hari ini, ayo manfaatkan dan daur ulang sampah agar lebih bermanfaat dan mengurangi produksi sampah berlebih," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mojokerto, Zainal Arifin, dalam laporan sambutan menyatakan bahwa peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017 digelar oleh seluruh kabupaten atau kota dan provinsi di Indonesia.

"Kegiatan dilaksanakan oleh seluruh kabupaten atau kota dan provinsi di Indonesia. Secara nasional, puncak acara rencananya bakal digelar di Provinsi Jawa Timur tanggal 21 Februari ini. Peringatan ini juga dimaksudkan untuk mewujudkan komitmen Indonesia Bebas Sampah 2020," katanya.

Pada kegiatan ini juga diwarnai dengan kegiatan "fun color aerobic dan zumba" dengan dipimpin dua orang instruktur senam yang mendampingi Ketua dan Wakil 1 Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto, Ikfina Kamal Pasa dan Yayuk Pungkasiadi. 

Dalam orasinya, Ikfina yang juga istri bupati, bersemangat dalam mengkomando jargon "Pilah, Kompos dan Daur Ulang" sampah atau dikenal secara global sebagai gerakan 3 R (Reduce, Reuse, Recycle).

"Mari bersatu untuk Indonesia bebas sampah dengan 'Pilah, Kompos dan Daur Ulang' bersama-sama," seru Ikfina di sela-sela jeda "fun color aerobic dan zumba".(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017