Ngawi (Antara Jatim) - Pejabat Kapolres Ngawi yang baru AKPB Nyoman Budihardja menyoroti tingginya kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum setempat yang masih menjadi pekerjaan rumah untuk diminimalisasi bersama antara kepolisian dengan instansi terkait di masa mendatang.

"PR besar yang harus diperhatikan adalah masih tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Ngawi," ujar Kapolres Ngawi yang baru AKBP Nyoman Budihardja seusai acara pisah dan sambut Kapolres Ngawi di Mapolres Ngawi, Jatim, Kamis.

Mantan Kapolres Mojokerto Kota ini mengaku akan melakukan analisis dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mencari solusi menekan kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah hukumnya.

"Penanganan kecelakaan lalu lintas tidak hanya tugas polisi dari sisi penegakan hukum. Namun juga melibatkan instansi lain karena kecelakaan juga menyangkut sarana dan prasarana jalan yang ada di suatu wilayah," tuturnya.

Sesuai data Satuan Lalu Lintas Polres Ngawi, angka kecelakaan di Kabupaten Ngawi selama tahun 2016 mencapai sebanyak 755 kasus. Dari jumlah tersebut, terdapat 113 orang tewas akibat kejadiaan itu.

Sebanyak 755 kasus kecelakaan tersebut merupakan kecelakaan yang terjadi di jalur antarprovinsi Ngawi-Solo dan jalur antarkabupaten, baik jalur Ngawi-Magetan, Ngawi-Madiun, dan Ngawi-Bojonegoro.

Selain karena faktor manusia, kecelakaan tersebut juga dipicu oleh kondisi infrastruktur jalan di sejumlah jalur antarprovinsi dan antarkabupaten di Ngawi yang rusak.

Fokus lain di samping kasus kecelakaan, adalah penanganan penyalahgunaan narkoba, teroris, dan kasus kriminalitas umum.

Sementara, dalam acara pisah dan sambut tersebut, AKBP Nyoman Budihardja menempati jabatan barunya sebagai Kapolres Ngawi menggantikan AKBP Suryo Sudarmadi yang kini menjabat sebagai Kapolres Ponorogo.

Kapolres Ngawi yang lama, AKBP Suryo Sudarmadi mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh anggota Polres Ngawi yang telah membantu pelaksanaan tugasnya selama satu tahun 10 bulan menjabat di wilayah Ngawi.

Sementara, acara pisah-sambut yang dilaksanakan di halaman Mapolres Ngawi tersebut berjalan lancar. Acara tersebut diikuti seluruh anggota polres, polsek, PNS, dan Bhayangkari, serta menampilkan atraksi tarian Orek-orek yang dimainkan oleh para pelajar Ngawi serta silat seni dari Paguyuban Kampung Pesilat.(*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017