Magetan (Antara Jatim) - TNI AD melalui Kepala Staf Angkatan Darat memberikan bantuan renovasi rumah kepada keluarga Almarhum Praka Wahyudi, anggota TNI Detasemen Artileri Pertahanan Udara Rudal 004 Dumai yang gugur saat memadamkan kebakaran hutan di Kabupaten Rokan Hilir, Riau. 

Saat ini renovasi rumah yang berada di Desa Pupus, Kecamatan Lembeyan, Magetan, tersebut telah selesai dilakukan dan penyerahannya dilakukan oleh Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Inf Piek Budyakto kepada pihak keluarga pada Rabu.

"Bantuan renovasi total telah selesai dan mewakili KASAD kami menyerahkan kembali rumah tersebut kepada keluarga Almarhum Praka Wahyudi," ujar Kolonel Inf Piek Budyakto saat penyerahan didampingi oleh Bupati Magetan Sumantri.

Menurut dia, bantuan renovasi total rumah keluarga Almarhum Praka Wahyudi memang menjadi salah satu janji TNI Angkatan Darat sebaga salah satu penghargaan kepada Almarhum yang telah gugur saat menjalankan tugas.

Hal tersebut juga sesuai dengan cita-cita Almarhum Praka Wahyudi semasa hidupnya yang ingin merenovasi rumah orang tuanya tersebut. 

"Kini, rumah yang bangunan awalnya terbuat dari dinding kayu sudah berubah menjadi lebih baik dengan dinding tembok bata," kata dia.

Hadir pula dalam kegiatan penyerahan bantuan renovasi rumah tersebut anggota forkopimda Kabupaten Magetan. Di antaranya Bupati Magetan Sumantri, Wakil Bupati Magetan Samsi, jajaran Korem 081/DSJ, dan Kodim Magetan. 

Seperti diketahui, Praka Wahyudi, anggota TNI dari Detasemen Artileri Pertahanan Udara Rudal 004 Dumai gugur saat bertugas memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Rokan Hilir, Riau pada Agustus 2016.

Almarhum menerima kenaikan pangkat anumerta karena telah gugur saat menjalankan tugas. Sebelumnya berpangkat prajurit satu (pratu) menjadi Prajurit Kepala (Praka) Wahyudi. 

Jenazah Almarhum berhak dimakamkan di taman makam pahlawan, namun atas permintaan keluarga pemakaman dilakukan di tempat pemakaman umum kampung halamannya. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017