Ngawi (Antara Jatim) - Seorang buruh tani di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, tewas akibat keracunan pestisida saat menyemprot hama wereng di lahan sawah yang digarapnya, Senin.

Wakil Kepala Polsek Geneng Iptu Agus Maryanto mengatakan, korban adalah Sayudi (55), warga Desa Dempel, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi.

"Hasil penyelidikan sementara, disimpulkan kematian korban akibat keracunan pestisida jenis insektisda pemberantas wereng," ujar Iptu Agus Maryanto kepada wartawan.

Menurut dia, berdasarkan laporan sejumlah saksi, peristiwa tersebut berawal saat Sayudi melakukan penyemprotan hama wereng yang menyerang sawah milik Sugeng. Korban menggunakan alat semprot manual saat melakukan kegiatan tersebut.

Selain menggunakan alat manual, korban juga tidak mengenakan masker dan pakaian tertutup saat melakukan kegiatan tersebut.

Kondisi korban yang tidak mengenakan masker ditambah dengan faktor cuaca yang berangin menyebabkan arah kabut pestisida tak beraturan. Terlalu lama mengisap udara bercampur pestisida, Sayudi akhirnya keracunan dan pingsan.

Malangnya, tidak ada yang tahu jika korban pingsan di areal sawah tersebut. Akibat tidak segera mendapat pertolongan, lelaki tersebut kemudian meninggal di sawah.

Kematian korban baru diketahui pihak keluarga yang mencarinya di sawah. Korban dicari karena biasanya sebelum tengah hari sudah pulang dari sawah untuk beristirahat.

Pihak keluarga sangat terpukul dengan kejadian tersebut. Bahkan istri korban, Kasinem, menangis histeris menyesali kematian korban.

Iptu Agus menambahkan, setelah dilakukan visum oleh pihak berwajib, jenazah petani tersebut diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan di tempat pemakaman umum desa setempat. (*)
     

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017