Tulungagung (Antara Jatim) - Satu rumah warga di Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur rusak parah akibat tertimpa tanah longsor yang terjadi di lingkungan pemukimannya, Rabu (25/1).

"Longsor terjadi sekitar pukul 21.00 WIB dan mengenai bangunan bagian belakang rumah saudara Kabul di Dusun Karangtengah RT 01/RW 02, Desa Krosok, Sendang," kata Danramil Sendang Kapten Inf Wagimin di lokasi bencana, Kamis.

Kendati tidak ada korban jiwa maupun luka, kata Wagimin, dampak longsor menyebabkan sepertiga bangunan Kabul rusak berat.  

Aksi pembersihan material longsor dan sisa puing tembok dilakukan warga dibantu prajurit TNI dan polisi hingga bagian belakang rumah Kabul bersih kembali.

"Untuk bantuan material bangunan masih kami usulkan ke daerah melalui usulan ke tingkat kecamatan," kata Kepala Desa Krosok Muhaimin.

Selain rumah Kabul, satu rumah lain di lokasi yang sama juga rawan terdampak longsor.

"Semoga tidak turun hujan deras lagi sehingga memicu longsor susulan," katanya.

Insiden longsor yang menimpa rumah Kabul dipicu oleh hujan deras yang mengguyur wilayah Sendang dan sekitar sejak Rabu (25/1) siang.

Kondisi tebing yang sudah retak rupanya tidak terlalu diperhatikan Kabul dan tetangga sekitarnya, sehingga saat turun hujan rekahan tanah terisi air dan terjadilah pergeseran tebing ke bawah (ambrol).

Kerusakan tidak hanya terjadi di rumah Kabul, tapi juga menyebabkan sejumlah fasilitas infrastruktur jalan di wilayah Sendang rusak parah.(*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017