Surabaya (Antara Jatim) -Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur mengirimkan 300 personel Brigadir Mobil (Brimob) dalam rangka Bawah Kendali Operasi (BKO) ke Polda Aceh guna pengamanan Pilkada Aceh 2017.

Upacara pelepasan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, di lapangan Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis.

Machfud menjelaskan, pengiriman pasukan tersebut untuk membantu Polda Aceh dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat serta mengamankan beberapa pilkada yang berlangsung di provinsi tersebut.

"Kita tahu bahwa situasi dan kondisi Polda Aceh. Itu masih dalam penilaian pimpinan polri perlu untuk back up perlu untuk personil," jelasnya.

Dia mengatakan di suasana di Jatim cukup aman dan juga di Jatim hanya akan ada satu pilkada yakni di Kabupaten Batu, oleh sebab itu dirinya mengirim pasukan ke daerah lain.

"Untuk Pilkada Batu personel telah siap. Selain ke Aceh nanti akan ada personel yang dikirim ke Sulawesi Utara," katanya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, ratusan pasukan Brimob tersebut nantinya akan diperbantukan ke Polda Aceh selama dua bulan.

"Pada upacara tadi Kapolda menekankan untuk menjaga keselamatan, jaga keluarga, karena jaga diasana dua bulan, kemudian bantu Kepolisian Polda Aceh dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban di wilayah Pollda Aceh," kata Frans.

Sementara itu, Pilkada Aceh 2017 akan dilaksanakan oleh 23 Kabupaten Kota. Yang serentak dilakukan pemungutan suara pada Februari 2017. (*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017