Surabaya (Antara Jatim) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan Kota Surabaya layak diusulkan meraih Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha karena sudah berhasil dalam pembangunan kota dan pembangunan manusianya selama lima tahun terakhir.
      
"Selamat untuk Pemkot Surabaya, layak diusulkan dan dipertimbangkan menerima Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha," kata Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Ditjen Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri Gunawan saat berkunjung ke Balai Kota Surabaya, Kamis.
      
Menurut dia, kedatangan tim verifikasi Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha yang terdiri dari unsur Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Sekretaris Militer Presiden (Setmilpres) ini datang untuk melakukan evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Kota Surabaya. 
Mereka diterima langsung oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, Sekretaris Kota Surabaya, Hendro Gunawan beserta asisten, juga kepala Satuan Kepala Perangkat Daerah (SKPD). 
       
 "Kedatangan kami ke Surabaya untuk berdiskusi perihal perkembangan inovasi pelayanan yang dikembangkan Pemkot Surabaya. Selain itu, juga untuk melihat fakta di lapangan terkait keberhasilan kinerja Pemkot," katanya.
       
Dia juga mengingatkan bahwa filosofi yang diusung dalam pemberian penghargaan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha adalah memotivasi pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan inovasi dalam. Outputnya, masyarakat dapat terlayani lebih baik. 
      
 "Jadi filosofinya tidak untuk mencari penghargaan. Harapan kami, bila Pemkot (Surabaya) berhasil, tidak berpuas diri, tetapi termotivasi lebih baik lagi dengan orientasi pelayanan lebih baik kepada masyarakat," kata Gunawan.
     
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan, Pemkot Surabaya selama ini telah meraih banyak penghargaan baik level nasional maupun internasional sebagai pengakuan atas keberhasilan membangun kota, juga manusianya. 
     
 Namun, lanjut dia, penghargaan bukanlah tujuan utamanya. "Goalnya itu bukan penghargaan. Tetapi sebagai pelayan masyarakat. Itu yang selalu saya tekankan kepada pegawai di Pemkot Surabaya ini. Dalam pelayanan ini, kami sudah tidak mengenal waktu," kata wali kota.
     
Wali kota lantas memaparkan berbagai keberhasilan program pembangunan yang telah laksanakan Pemkot Surabaya, utamanya program peningkatan sumber daya manusia di Surabaya seperti penyelenggaraan pendidikan vokasi, pemberian beasiswa untuk anak berprestasi dari keluarga kurang mampu, penyelenggaraan rehabilitasi sosial, permakanan lansia. 
     
 Selain itu juga optimalisasi kawasan alih fungsi lokalisasi seperti di Putat Jaya serta penanganan masalah sosial. "Ini alasan indeks pembangunan manusia di Surabaya terus meningkat. Bahkan kini sudah di atas kota-kota besar di dunia," ujarnya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017