Jakarta, (Antara) - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mengatakan, pemakaman jenazah TKI Damini binti Saman Yasin di pinggiran kota Damaskus, Suriah sudah dengan persetujuan pihak keluarganya.

"Seluruh hak almarhumah dan uang santunan dari majikan berhasil diperjuangkan, dan pemakaman Damini dilaksanakan sesuai dengan syariat Islam. Kehormatan jenazah almarhumah terjaga sejak dari proses pemandian hingga penguburan jenazah," kata Sekretaris Utama (Sestama) BNP2TKI Hermono di Jakarta, Selasa.

Damini wafat setelah mengalami pendarahan otak akibat benturan saat jatuh dari ketinggian ketika membersihkan kaca jendela dapur majikan pada 28 Desember 2016.

Ia mengatakan, Damini dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Nazhah, di pinggiran provinsi Damaskus pada Sabtu (14/1). Prosesi pemakaman turut dihadiri Duta Besar RI untuk Suriah Djoko Harjanto.

Pemandian jenazah almarhumah dilaksanakan di Rumah Sakit Mujtahid Damaskus, kemudian dishalatkan di Masjid Bilal bin Rabbah usai shalat Dzuhur. Shalat jenazah dipimpin Imam Masjid Bilal bin Rabbah dengan jumlah jamaah lebih dari 80 orang.

BNP2TKI, kata Hermono, sudah menerima kabar wafatnya Damini satu hari setelah kecelakaan. Kemudian Kepala BP3TI Bandung, Delta, menemui keluarga almarhumah yang tinggal di Indramayu. Saat itu, keluarga meminta jenazah dipulangkan dan hak-hak serta santunan almarhumah dipenuhi.

Namun, setelah berkoordinasi dengan staf konsuler KBRI Damaskus diketahui bahwa perusahaan-perusahaan kargo enggan membawa muatan keluar Suriah, baik melalui udara, laut,  maupun darat.

"Karena negara ini masih menjadi ajang konflik," ujarnya.

Kalau jalan darat maka pilihannya adalah ke Turki, melalui Aleppo yang sedang porak poranda.

"Alternatif lain ke Lebanon yang pada musim dingin dilanda badai salju hingga perbatasan kedua negara seringkali ditutup," ujarnya.

Jadi, kata Hermono, BNP2TKI, KBRI Damaskus serta instansi terkait lain sudah berupaya keras, tetapi situasi lokal benar-benar menyulitkan pemulangan jenazah.

"Sangat tidak aman ditambah lagi dengan musim dingin yang menyulitkan. Akhirnya, pihak keluarga almarhumah merelakan Damini binti Saman Yasin dimakamkan di Syria," jelasnya.(*)

Pewarta: Syaiful Hakim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017