Sidoarjo, (Antara Jatim) - Siswa Sekolah SD Al Muslim Sidoarjo, Jawa Timur, menghijaukan sekolah mereka dengan cara menanam tanaman obat keluarga (toga) dalam rangka memperingati hari sejuta pohon sedunia.

Ustadzah Ima selaku Kepala SD Al Muslim, Senin mengatakan, pohon memiliki banyak manfaat bagi manusia terutama untuk menunjang dalam kehidupan sehari-hari.

"Setiap tanggal 10 Januari, masyarakat dunia merayakan hari sejuta pohon sedunia. Segenap civitas akademik SD Al Muslim melakukan kegiatan penanaman bibit toga dalam rangka memperingati hari sejuta pohon," katanya.

Ia mengemukakan, kegiatan dilaksanakan secara bergiliran yakni siswa kelas 1 dan 2 menanam pada pukul 08.00-08.45 WIB, kelas 3 dan 4 pukul 8.45-9.40 WIB serta kelas 5 dan 6 menanam pada pukul 10.30-11.00 WIB. 

"Semangat guru dan siswa SD Al Muslim dalam memeringati hari sejuta pohon ini diharapkan bisa menjadi bagian dari penyelamatan bumi," katanya.

Menurutnya, tanaman toga memang bukan termasuk jenis pohon dan alasan mengapa dalam kegiatan hari pohon ini dilakukan kegiatan menanam bibit toga adalah berkaitan dengan ruang penanaman yang terdapat di lokasi SD Al Muslim.

"Selain itu juga berkaitan dengan pemanfaatan lahan sempit yang terdapat di bagian belakang gedung sekolah," katanya.

Ia menjelaskan, yang penting bukan hanya menanam, tapi menjamin bibit yang ditanam itu jadi, tumbuh, bisa dipanen, dan bisa diolah menjadi sebuah produk.

"Dan yang lebih penting lagi siswa mampu mengetahui manfaat tanaman toga bagi kehidupan, mampu mengaplikasikan pembelajaran green education dan leadership," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017