Malang, (Antara Jatim) - Prestasi atau nilai akademik para pendaftar melalui jalur undangan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada tahun akademik 2017/2018 dinaikkan, dari rata-rata 7,5 menjadi 8,0 mulai semester 1 hingga 5.
    
Wakil Rektor I UMM, Prof Dr Syamsul Arifin di Malang, Jawa Timur, Kamis, mengatakan kenaikan atau peningkatan nilai rata-rata akademik ini dilakukan karena UMM semakin selektif dalam penerimaan mahasiswa baru, apalagi jumlah pendaftar dari tahun ke tahun terus meningkat.
    
"Pendaftaran jalur undangan ini dibuka mulai Sebnin (2/1) hingga 7 April mendatang. Selain melalui prestasi akademik, jalur undangan ini juga menerima calon mahasiswa baru melalui prestasi nonakademik,  seperti bidang olahraga, seni, keagamaan atau karya ilmiah, namun prestasi nonakademik ini minimal juara di tingkat kota/kabupaten yang dibuktikan dengan piagam penghargaan," ujarnya.
    
Menurut Syamsul, bagi camaba yang lolos melalui jalur undangan, akan dibebaskan dari tes tulis, sedangkan untuk tes wawancara tetap dilakukan untuk mengetahui kualitas dan motivasi calon mahasiswa baru, namun jalur undangan tersebut tidak berlaku bagi Fakultas Kedokteran.
    
Ia memaparkan cara pandaftaran untuk jalur undangan cukup mudah, yaitu lewat "online" atau dalam jaringan, sehingga memudahkan calon mahasiswa baru yang berasal dari luar Malang agar tak perlu jauh-jauh datang ke Malang. Meski baru dibuka Senin (2/1), jumlah pendaftar jalur undangan online sudah mencapai ratusam.
    
Pendaftar, lanjutnya dari berbagai daerah. "Era sudah digital, dengan tersebarnya asal daerah pendaftar online jalur undangan, berarti informasi tentang UMM sudah diketahui masyarakat luas,” ujarnya.
    
Sementara itu, pendaftaran jalur reguler mulai di buka pada awal Maret mendatang. Untuk gelombang I dibuka 6 Maret hingga 7 Mei, gelombang II mulai 22 Mei hingga 14 Juli, sementara gelombang III mulai 24 Juli sampai 11 Agustus 2017.
    
Syamsul mengemukakan UMM akan terus memperbaiki kualitas pelayanan terhadap calon mahasiswa baru, terutama saat melakukan herregistrasi maupun pelayanan akademik lainnya. Saat ini, UMM sedang merencanakan sistem pembayaran herregistrasi yang dilakukan di UMM Dome, bukan di halaman depan Biro Administrasi Akademik seperti biasanya. "Program ini supaya pelayanan akademik pada mahasiswa semakin cepat, tepat, nyaman, dan ramah," ucapnya.
    
Menurut Syamsul, tahun ini juga akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini tes wawancara dilakukan dengan sistem one day service, sehingga setelah melakukan tes tulis, mahasiswa yang mendaftar jalur reguler akan menjalani tes wawancara di hari yang sama.
    
Pada tahun akademik 2017/2018, UMM juga membuka program studi baru, yakni Profesi Apoteker. "Selain ada prodi baru, di Fakultas Agama Islam juga akan dilakukan pemetaan potensi calon mahasiswa terkait pengetahuan pendidikan agama dan Bahasa Arab," terangnya. (*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017