Sidoarjo, (Antara Jatim) - Bupati Sidoarjo Saiful Ilah  melantik sebanyak 841 pejabat struktural yang terdiri dari eselon  II, III dan IV  di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Selasa.

"Ada sederet proses panjang yang harus dilalui. Seperti penilaian komptensi maupun penelusuran rekam jejak masing-masing pegawai. Hal tersebut dilakukan supaya kedepan bisa mendapatkan figur seorang pejabat struktural yang mampu dan mumpuni sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo," kata Saiful Ilah dalam sambutan pelantikannya.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan, proses memilih seseorang sebagai pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo tidaklah mudah. 

Jabatan, menurut dia,  adalah amanah yang harus dilaksanakan dan dikerjakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab.

"Pemberian jabatan yang dengan tetap mengutamakan pelayanan kepada masyarakat untuk menjadikan Kabupaten Sidoarjo lebih baik lagi," katanya.

Ia juga mengatakan pengisian jabatan struktural kali ini seiring dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. 

"Oleh karena itu terjadi perombakan yang cukup besar pada tatanan organisasi di tingkat pusat, provinsi maupun daerah termasuk Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut juga tidak terlepas dari pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomer 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah," katanya.

Ia  juga berpesan kepada para pejabat yang baru saja dilantik untuk segera merapatkan barisan karena tugas yang dipercayakan semakin berat dan menuntut tanggung jawab yang besar dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya.

"Sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada saudara sekalian, tunaikan tugas yang telah diamanatkan ini dengan penuh semangat dan tanggung jawab serta senantiasa mengutamakan keseriusan, kesungguhan dan kearifan dalam bersikap," katanya.

Dalam pelantikan ini, Joko Santoso yang sebelumnya sebagai kepala Dinas Perhubungan Sidoarjo bergeser sebagai Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah Sidoarjo. Badan Pelayanan Pajak Daerah Sidoarjo adalah salah satu OPD baru di Kabupaten Sidoarjo. 

Sedangkan kepala Dinas Perhubungan Sidoarjo sekarang di isi oleh Asrofi yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten I Tata Pemerintahan dan Kesra Setda Sidoarjo. Begitu pula dengan Ahmad Zaini, yang semula sebagai kepala Badan Pelayanan Perijinan terpadu Sidoarjo beralih sebagai kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sidoarjo. 

Adapun Sulaksono yang sebelumnya sebagai kepala Bappeda Sidoarjo sekarang menduduki jabatan sebagai kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Sidoarjo. 

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sidoarjo Sri Witarsih mengatakan masih ada kekosongan untuk pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi eselon II. Seperti Asisten I, kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dan kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta kepala Satuan Polisi Pamong Praja.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017