Jember (Antara Jatim) - Kepolisian Resor Jember, Jawa Timur menggelar patroli dengan menerjunkan sejumlah tim untuk mengawasi beberapa perumahan yang kosong ditinggal liburan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 oleh penghuninya.

"Kami kunjungi sejumlah perumahan dan melalukan dialog dengan satpam perumahan untuk mengetahui rumah yang kosong tersebut, sehingga anggota Polres Jember melakukan patroli rumah-rumah kosong di kawasan perumahan itu," kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo di Jember, Sabtu.

Tim Polres Jember menggelar patroli ke kompleks perumahan elit yang disinyalir banyak ditinggal penghuninya saat libur Natal dan Tahun Baru seperti di perumahan belakang Carefour, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jumat (30/12) malam.

Ia mengatakan keluarga yang memilih berlibur keluar kota menyebabkan banyak rumah yang ditinggal penghuninya dan biasanya kesempatan itu semakin membuka peluang bagi komplotan penjahat yang ingin menjarah harta orang lain. 

"Rumah kosong bakal jadi target empuk para maling mencari kesempatan untuk beraksi, sehingga perlu dilakukan pengawasan dan patroli secara intensif untuk mencegah tindak kejahatan di Kabupaten Jember," tuturnya.     

Menurutnya, Polres Jember dalam patroli tersebut akan mengintensifkan petugas yang ada di kepolisian sektor (polsek) dengan melibatkan sinergi tiga pilar yakni kepala desa atau lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas.

"Sinergi ini agar bisa saling menjaga dan patrolinya akan digilir bergantian, sehingga tidak ada celah rumah kosong tersebut tanpa pengawasan. Kami berharap rumah yang ditinggalkan kosong dan ketika pemiliknya kembali tetap dalam kondisi rumah aman karena kami terus melakukan patroli," katanya.

Kusworo mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan meninggalkan rumah agar mematikan semua peralatan elektronik dan benda-benda yang dapat menimbulkan kebakaran, serta menyimpan barang-barang berharga di tempat yang aman.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016