Surabaya (Antara Jatim) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melantik sebanyak 1.559 pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) setempat di halaman Balai Kota, Jumat.

"Saya mohon terus bekerja dengan baik, di manapun berada dan layani masyarakat dengan baik pula, sekaligus mensyukuri semuanya, Insha Allah barokah," ujarnya di sela pelantikan.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya itu mengatakan bahwa profesionalisme menjadi pertimbangan utama dalam melakukan pelantikan jabatan, termasuk rotasi di sejumlah posisi.

Risma, sapaan akrabnya, mengaku sangat memperhatikan latar belakang keilmuan dari pejabat bersangkutan, sehingga bisa mengabdi sesuai kemampuannya.

Wali Kota Surabaya dua periode itu juga berpesan kepada pejabat yang dilantik, utamanya yang menempati posisi baru untuk semakin bersemangat bekerja serta tidak menjadi sombong.

"Yang wajib diingat, jabatan adalah amanah dan sudah seharusnya dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," kata mantan Kepala Bappeka Surabaya tersebut.

Sementara itu, pada proses pelantikan yang diiringi hujan lebat tersebut, rinciannya seorang pejabat eselon II A, 32 pejabat eselon II B, 75 pejabat eselon III A, 118 pejabat eselon III B, 616 pejabat eselon IV A, dan 717 eselon IV B.   

Pada kesempatan sama juga dilakukan rotasi posisi di sejumlah kepala dinas, yaitu Widodo Suryantoro yang sebelumnya menjabat kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), kini dipercaya sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggantikan Wiwik Widayati.

Sedangkan, Wiwik sendiri kini menjabat sebagai Kepala Badan Kearsipan dan Perpusatakaan menggantikan Arini Pakistyaningsih yang dipercaya menjadi orang nomor satu di Disperindag.

Selain itu, beberapa camat di "Kota Pahlawan" juga mengalami pergeseran, yakni Ridwan Mubarun yang sebelumnya Camat Rungkut menjadi Camat Tambaksari, menggantikan Achmad Zaini sebagai Camat Sukomanunggal.

Berikutnya, posisi Camat Rungkut diisi oleh Syafik yang sebelumnya menjabat Camat Mulyorejo, kemudian Camat Asemrowo Asripin yang masuk masa purna tugas digantikan oleh Hari Tjahyono yang sebelumnya Kepala Badan Ketahanan Pangan. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016