Gresik, (Antara Jatim) - Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak membuka Kantor Unit Layanan Paspor di wilayah Kabupaten Gresik, Jawa Timur, tepatnya di ruko Kompleks Grosir Pasar Ikan Modern Ambeng-ambeng.

Kepala Kantor Imigrasi Tanjung Perak Hasanuddin di Gresik, Kamis mengatakan dengan dibukanya kantor pelayanan paspor di Gresik diharapkan dapat mengurangi berbagai persoalan pelayanan keimigrasian di wilayah kerja Surabaya.

"Lebih dari itu masyarakat juga dapat terlayani dengan mudah dan cepat serta tepat waktu sesuai kaidah-kaidah pelayanan publik yang baik," katanya.

Kepala Divisi Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Timur Lucky Agung Binarto mengatakan keberadaan unit layanan paspor di Gresik adalah salah satu target Kemenkum HAM yang sudah terealisasi.

"Dengan begitu, kami juga berharap dapat menjawab keinginan masyarakat dalam pelayanan pembuatan paspor, khususnya di wilayah Pantura seperti Gresik, Lamongan, Tuban dan Bojonegoro," katanya.

Sementara itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengapresiasi unit layanan paspor di wilayahnya, sebab masyarakat Gresik tidak perlu bersusah payah dalam mengurus paspor.

"Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada segenap jajaran Kantor Imigrasi Tanjung Perak yang telah mendukung semua aktifitas dan program pemerintah Kabupaten Gresik, khususnya dalam mengakomodir kebutuhan masyarakat Gresik terkait dengan layanan pembuatan paspor," katanya.

Ia mengatakan masyarakat Gresik sudah tidak perlu jauh-jauh ke Surabaya untuk mendapatkan layanan pembuatan paspor, sebab unit layanan paspor di wilayahnya sudah cukup representatif.

"Pembuatan paspor kini lebih terjamin dan masyarakat lebih mudah, lebih nyaman dan lebih cepat untuk mendapatkan pelayanan kebutuhan paspor," kata Sambari.

Sambari menyebut, 40 persen penduduk di Pulau Bawean adalah para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri, sehingga dengan adanya unit layanan paspor di Gresik sangat tepat sekali membantu para tenaga kerja tersebut.
     
Dalam kesempatan pembukaan unit tersebut, Sambari didampingi Komandan Kodim 0817 Gresik Letkol Arm Hendro Setyadi, Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan, Kepala Kantor Imigrasi Tanjung Perak Hasanuddin dan Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkumham Jawa Timur Lucky Agung Binarto, dengan bersama-sama melakukan gunting pita sebagai tanda dibukanya secara resmi kantor pelayanan tersebut.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016