Surabaya (Antara Jatim) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengingatkan kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi setempat terus berinovasi demi terciptanya pelayanan publik yang positif.

"SKPD yang memiliki layanan publik agar terus melakukan inovasi, bahkan satu layanan publik, satu inovasi," ujarnya di sela Pengukuhan, Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemprov Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa.

Menurut dia, para pejabat eselon II atau setingkat kepala dinas dan kepala biro, serta eselon III dan IV agar bekerja dengan baik dengan memerhatikan kepedulian pada masyarakat bawah.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, berjanji akan terus mengawasi kinerja para pejabat struktural dan mengevaluasinya.

"Apabila tidak baik, mereka harus siap-siap diganti. Ini komitmen demi layanan publik yang baik sekaligus dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut juga menyampaikan usai Tahun Baru 2017 akan mengunjungi setiap SKPD dan menanyakan program kerjanya, termasuk janji evaluasi setiap tahunnya.

"Para pejabat eselon ini harus memperhatikan soal kepedulian terhadap masyarakat lapisan bawah dan menjadi program penting masing-masing SKPD. Saya akan cek dan awasi terus kinerjanya, serta mengeevaluasi setiap setahun," katanya.

Terkait pelantikan ini, kata dia, terdapat perubahan struktural, seperti penambahan satu Bakorwil dari empat menjadi lima Bakorwil, yaitu Bakorwil Jember, Bakorwil Malang, Bakorwil Bojonegoro, Bakorwil Pamekasan dan Madiun Madiun.

Fungsi Bakorwil, lanjut dia, bertambah sebagai badan perwakilan provinsi dan berkoordinasi dengan bupati/wali kota di wilayah masing-masing sehingga mendapat tambahan fungsi di antaranya bidang pendidikan, sosial, kehutanan serta tenaga kerja. 

Dalam pelantikan ini, Gubernur Jatim melantik 72 pejabat Eselon II dan 531 Pejabat Eselon III, serta merupakan bagian dari reformasi struktural yang terdiri dari 55 SKPD, 14 Badan, lima RSUD dan sembilan Biro.

Sejumlah pejabat yang menempati posisi baru antara lain Kepala Bappeda Budi Setiawan (sebelumnya Kepala BPKAD), Kepala BPKAD Jumadi (sebelumnya Kabiro Perekonomian), Asisten Ekonomi dan Pembangunan Fattah Jasin (sebelumnya Kepala Bappeda), dan lainnya.

Tak hanya itu, Sekdaprov Jatim Akhmad Sukardi juga melantik 1.444 pejabat Eselon IV yang nantinya akan ditempatkan di berbagai instansi di  Jatim.

"Eselon IV merupakan awal menapaki karir yang lebih tinggi sehingga harus mempunyai inovasi baru dan menunjukkan kemampuan diri," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016