Pamekasan (Antara Jatim) - Tunggakan pembayaran tegihan rekening pelanggan listrik di Pulau Madura, Jawa Timur selama 2016 ini mencapai Rp20 miliar lebih, kata Asisten Manajer PLN Area Pamekasan Hudono.

"Tunggakan di Madura ini masuk catatan tertinggi di Jawa Timur dari total tunggakan Rp56,7 miliar lebih se-Jawa Timur," katanya di Pamekasan, Senin.

Jumlah tunggakan sebesar Rp20 miliar rupiah lebih itu, sebenarnya sudah lebih kecil, karena sebelumnya tunggakan pelanggan PLN di Pulau Madura dibawah area PLN Pamekasan mencapai Rp22 miliar lebih.

Itu terjadi setelah pihak PLN melakukan tagihan dengan sistem jemput bola, bekerja sama dengan aparat keamanan seperti polisi dan TNI, serta aparat desa setempat.

Diantara empat kabupaten yang ada di Pulau Madura itu, Kabupaten Bangkalan tercatat paling banyak tunggakannya, yakni sekitar Rp9,27 miliar, lalu Sampang, Pamekasan dan yang paling sedikit ialah Kabupaten Sumenep.

Hudono menjelaskan, banyaknya tunggakan tagihan rekening listrik pelanggan PLN di Madura ini, jelas akan sangat berpengaruh pada kontribusi Pajak Penerangan Jalan (PPJ).

"Karena di tagihan rekening itu terselip tagihan untuk kontribusi PPJ sebesar 10 persen," katanya.

Untuk mengurangi tunggakan rekening listrik ini berbagai upaya telah dilakukan pihak PLN Madura. Selain melakukan penagihan dengan sistem jemput bola, pihaknya terus mengubah pola kebijakan mengubah sistem aliran listrik dari pascabayar ke prabayar.

Saat ini, kata Hudono, perbandingan penggunaan listrik antara pascabayar dengan parabayar antara 65 persen dengan 35 persen.

"Jadi 65 pengguna listrik pascabayar dan sebanyak 35 persen sisanya adalah pengguna listrik prabayar," katanya menjelaskan.

Total jumlah pelanggan listrik di Pulau Madura saat ini sekitar 670.000 pelanggan, tersebar di 961 desa dan 29 kelurahan di 72 kecamatan, di empat kabupaten, yakni Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Kabupaten Sumenep. 

Dibanding tahun 2015, tunggakan pelanggan listrik pascabayar di Pulau Garam ini jauh lebih banyak. Sebab, berdasarkan data PLN pada 2015 tunggakan pelanggan listrik hanya di Madura hanya Rp14,3 miliar. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016