Kediri (Antara Jatim) - Petugas dari Polres Kediri Kota melakukan penjagaan ketat di sejumlah gereja untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan selama Natal 2016.
     
"Kami lakukan penjagaan di lokasi, termasuk di mimbar. Kami pastikan seluruh tempat aman untuk perayaan Natal," kata Wakil Kabag Ops Polres Kediri Kota AKP Iskandar di Kediri, Sabtu.
     
Pihaknya mengatakan, petugas siaga selalu, terutama di perayaan Natal. Nantinya setiap petugas akan dibagi, guna memastikan perayaan Natal berjalan dengan lancar.
     
Selain itu, pihaknya juga telah melakukan penyisiran di sejumlah gereja yang ada di wilayah hukum Polres Kediri Kota. Penyisiran itu melibatkan tim dari Kompi 1 Detasemen C Brimob Kediri, Satbrimob Polda Jatim.
     
Sejumlah gereja yang didatangi misalnya Gereja Getsemani, Jalan Hasanudin, Kediri. Di tempat itu, petugas menyisir seluruh lokasi. Dengan memanfaatkan metal detector, baik di panggung maupun di kursi untuk jemaat diperiksa. Namun, petugas tidak menemukan hal yang mencurigakan.  
Petugas juga melakukan penyisiran di Gereja Santo Yosep, Jalan Hasanudin, Kediri. Di tempat yang lokasinya tidak jauh dari Gereja Getsemani Kediri itu, petugas juga tidak mendapati hal yang mencurigakan.
     
Sementara itu, Pendeta Timotius Kabul mengatakan, perayaan Natal tahun ini juga sama dengan perayaan sebelumnya. Sejumlah kegiatan sudah disiapkan, yang dimulai sejak jam 18.00 WIB.
     
"Malam ini hingga jam 21.00 WIB ada acara di gereja. Nanti jemaat akan melantunkan puji-pujian. Besok juga masih ada acara, diikuti anak yang belum tumbuh tumbuh gigi hingga orangtua yang sudah tidak punya gigi," katanya.
     
Ia juga berharap, perayaan Natal ini bisa berjalan dengan tertib dan lancar. Ia pun sudah meminta pada jamaat untuk tekun dan konsentrasi ibadah, serta tidak mengkhawatirkan berbagai isu SARA di luar. 
     
Selama Natal dan menghadapi pergantian tahun dari 2016 ke 2017, Polres Kediri Kota akan melibatkan 235 personel. Selain berjaga di gereja, petugas juga berjaga di pos pengamanan.
     
Polres Kediri Kota mendirikan delapan pos pengamanan, dimana satu di antaranya adalah pos pelayanan. Pos tersebut didirikan di seluruh wilayah hukum kepolisian tersebut, baik di Kota serta Kabupaten Kediri. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016