Surabaya (Antara Jatim) - Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) menggelar lomba renang menyeberangi Selat Madura, Jawa Timur,  menyemarakkan "Naval Base Open Day" (NBOD) 2016, dalam rangka Hari Armada ke- 71, yang diikuti ratusan peserta dari anggota TNI, Polri, dan masyarakat umum, Minggu. 

Para peserta mengawali lomba dari bawah Jembatan Suramadu sisi Surabaya, pada sekitar pukul 05.30, yang dibagi dalam dua kategori, yaitu TNI-Polri dan umum. Mereka berenang sejauh kurang lebih 5 km dengan garis finish di Dermaga Kamal sisi barat, Bangkalan, Madura. 

Pangarmatim Laksda TNI Darwanto bersama Pangarmabar Laksda TNI Aan Kurnia menyaksikan jalannya perlombaan dari garis finish. Tampak turut mendampingi Kasarmatim Laksma TNI I.N.G. Ariawan dan Kasarmabar Laksma TNI Yudo Margono, Danguspurlatim Laksma TNI Dadi Hartanto, para komandan lantamal wilayah timur, pejabat utama Koarmatim dan para komandan satuan jajaran Koarmatim.

"Dalam lomba ini, TNI dan TNI AL bertindak sebagai motivator memberikan kesempatan kepada prajurit TNI dan masyarakat mengembangkan bakat, khususnya di bidang olahraga air," ucap Pangarmatim Darwanto. 

Darwanto mengaku bersyukur para perenang berhasil mencapai garis finish dengan selamat tanpa kendala apapun. Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam perlombaan ini. 

Chrisna Arwiandra Leuwol (20) asal Sidoarjo keluar sebagai juara pertama kategori umum dengan catatan waktu 1.54.33.22. Disusul Buyung Tagar (23) asal Malang, yang merupakan atlet nasional, sebagai juara II dengan catatan waktu 1.56.42.40. Juara III diraih Ghazy Asyraf (20) asal Gresik dengan catatan waktu 1.54.59.60.

Sedangkan pemenang kategori TNI-Polri diraih Praka Mar Heru Saputro dari Yontaifib 1 sebagai juara I dengan waktu 2.01.19.71, Juara II Kopda Mar Moh Ismail dari Yontaifib 1 mencatatkan waktu 2.02.05.61, serta Juara III Kopda BEK Basirun dari Satkopaska Armatim dengan waktu 2 08.09.18.

Para pemenang dari masing-masing kategori mendapatkan medali dan uang pembinaan yang diberikan langsung oleh Pangarmatim. "Tentunya butuh latihan dan persiapan yang matang dengan memperhatikan kondisi kesehatan sebelum mereka berkompetisi di perlombaan ini. Semoga seluruh perenang yang berpartisipasi hari ini lebih giat berlatih untuk mengikuti lomba renang pada event-event berikutnya," katanya. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016