Surabaya (Antara Jatim) - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) melibatkan institusi pendidikan untuk mengenalkan dunia kepelabuhanan dan maritim kepada generasi muda dengan memilih perguruan tinggi dan mahasiswa sebagai sasaran penyampaian informasi melalui kegiatan bertajuk Pelindo III Goes to Campus.

Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Yon Irawan dalam keterangan persnya di Surabaya Minggu mengatakan pelaksanaan Pelindo III Goes to Campus dilatarbelakangi program tol laut yang digagas oleh pemerintahan Jokowi-JK.  

Pelindo III sebagai BUMN kepelabuhanan, kata Yon memiliki peranan dalam menyukseskan program tersebut dengan membuat serangkaian program pengembangan pelabuhan di wilayah Pelindo III yang masuk dalam masterplan program tol laut tersebut.

"Kami juga menginformasikan mengenai tatanan kepelabuhanan dan tantangan dunia maritim ke depan.  Seperti konsep pelabuhan ramah lingkungan dan teknologi peralatan kepelabuhanan," katanya.

Oleh karena itu, kata Yon, Pelindo III menggelar kegiatan seminar kemaritiman di Universitas Padjajaran Jawa Barat, dengan pemateri Direktur Utama Pelindo III, Orias Petrus Moedak.

Menanggapi kegiatan itu, Wakil Dekan Bidang Akademik Kemahasiswaan Inovasi dan Kerja sama Moh Fahmi mengaku sangat mengapresiasi langkah Pelindo III yang melibatkan perguruan tinggi dan mahasiswa dalam menyampaikan informasi dan pengetahuan.  

Perusahaan seperti Pelindo III, kata Fahmi dianggap sebagai sumber pengetahuan karena dalam pelaksanaan tentang kemaritiman dan kepelabuhanan di lapangan pasti ada yang berbeda dari yang disampaikan di dalam perkuliahan.

"Mahasiswa bisa berinteraksi dan bertanya langsung dengan pelaku dibidang industri kepelabuhanan.  Informasi tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi mereka," katanya.

Ia berharap informasi terbaru seputar kepelabuhanan dan dunia maritim dapat menjadi tambahan ilmu dan pengetahuan bagi mahasiswa dan kalangan pemuda.(*)


Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016