Sidoarjo (Antara Jatim) - Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, UMKM dan ESDM Kabupaten Sidoarjo Fenny Apridawati menyebutkan transaksi yang terjadi selama pelaksanaan "Tanggulangin Fair 2016" menembus angka Rp15 miliar.

"Sampai dengan tanggal 30 November dari laporan yang masuk, nilai transaksinya sudah tembus Rp14 miliar dan sisa sepekan terakhir sudah tembus angka Rp15 miliar," katanya saat laporan kegiatan penutupan "Tanggulangin Fair 2016" di Sidoarjo yang berlangsung sejak (8/11) hingga Rabu (9/11).

Ia mengatakan, besarnya nilai transaksi ini membuktikan jika potensi usaha yang ada di Kabupaten Sidoarjo masih tumbuh dengan bagus terutama di wilayah industri tas dan koper di Tanggulangin.

"Kebanyakan yang dibeli adalah produk tas wanita kulit yang paling banyak diminati," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan saat ini pelaksanannya cukup bagus terbukti dengan tingginya nilai transaksi.

"Kondisi ini membuktikan kalau di Sidoarjo ini banyak orang yang mampu untuk membeli tas buatan dalam negeri di Sidoarjo, tidak membeli dari tempat lain," katanya.

Sementara itu, Ketua Intako Sidoarjo Ainur Rofiq mengatakan pada pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh sekitar 87 outlet yang tersebar di wilayah Tanggulangin.

"Tas sintetis dan juga tas kulit lebih banyak diminati dibandingkan dengan produk lainnya seperti sepatu dan juga jaket yang terbuat dari kulit," katanya.

Pembelinya, kata dia, juga beragam tidak hanya dari Sidoarjo tetapi dari beberapa kota di Indonesia seperti dari Sulawesi dan daerah lainnya.

"Selain itu, juga ada wisatawan mancanegara khususnya wilayah Asia seperti dari Malaysia, Thailand dan juga Singapura yang datang membeli produk kami," katanya.

Dalam kegiatan itu, juga diluncurkan tas raksasa dengan ukuran panjang dua meter, tinggi 175 centimeter dan lebar 90 centimeter. Tas tersebut dibuat sebagai ikon wisata tas di Tanggulangin yang nantinya akan ditempatkan di salah satu sudut koperasi Intako.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016