Sidoarjo (Antara Jatim) - Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur menyosialisasikan pencegahan penularan Virus HIV anggotanya di Pendopo Delta Wibawa sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat.

Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Anik Saiful Ilah Selasa mengatakan, sebanyak 200 orang anggota TP-PKK kecamatan dan juga diikuti oleh puluhan ODHA (Orang Dengan HIV AIDS). 

"Tingginya kasus HIV/AIDS di Sidoarjo perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak. Untuk itu TP-PKK Kabupaten Sidoarjo mengadakan sosialisasikan pencegahan penularan virus HIV," katanya di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, kegiatan tersebut adalah bentuk kepedulian organisasinya terhadap bahaya penularan virus HIV yang harus diketahui oleh masyarakat. Untuk itu pihaknya berharap melalui kader PKK disetiap jenjang, pencegahan penularan virus HIV dapat diketahui masyarakat luas.

Ia mengatakan pencegahan penularan yang efektif adalah melalui pendekatan keluarga. Oleh sebab itu, kader PKK mempunyai peranan penting untuk mensosialisasikan pencegahan penularan virus mematikan tersebut. 

"Pasalnya kader PKK mempunyai jaringan sampai pada lingkup terkecil di lingkungan masyarakat yakni tingkat dasa wisma," katanya.
 
Ia berharap, kegiatan ini bisa memberikan motivasi kepada kader untuk melakukan pembinaan, pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.

"Kami berharap kepada anggotanya untuk menjadi teladan kepada masyarakat untuk berprilaku hidup sehat dan juga meminta kepada kader PKK untuk memeberikan edukasi kesehatan reproduksi kepada anak dan remaja," katanya.

Sementara itu Sekretaris KPA Sidoarjo Hariadi Purwantoro mengatakan jumlah kasus HIV/AIDS di Kabupaten Sidoarjo sebanyak 1.874. 

"Jumlah tersebut hanya yang ditemukan saja. Padahal kasus HIV/AIDS ibarat fenomena gunung es. Yakni yang tampak hanya puncaknya saja sedangkan di bawahnya sangat besar," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016