Surabaya (Antara Jatim) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyerahkan mobil khusus perlindungan perempuan dan anak yang diperuntukkan bagi 17 daerah sebagai wujud kepedulian dari pemerintah.

"Mobil ini bantuan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kepada Pemprov Jatim dan pemerintah di Kabupaten/Kota di Jatim," ujarnya di sela peluncuran mobil perlindungan perempuan dan anak di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa kendaraan tersebut bertujuan melindungi perempuan dan anak yang mendapat perlakuan tidak adil, khususnya di daerah.

Secara konsep, kata dia, mobil tersebut dapat digunakan sebagai perlindungan terhadap perempuan seperti beban pada saat melahirkan, terutama yang terjadi di daerah pelosok maupun terpencil.

Selain itu, melalui mobil tersebut dapat dipanggil bedasarkan laporan yang diterima, seperti halnya tindak kekerasan yang dilakukan kepada anak.

"Ini adalah bentuk pelayanan kepada masyarakat sekaligus memberikan banyak kemudahan kepada masyarakat terhadap permasalahan perlindungan perempuan dan anak," kata orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Dengan demikian, lanjut dia, bukan hanya untuk korban kekerasan melapor kemudian mengadu, namun kemudian dijemput untuk ditindaklanjuti sesuai prosedur berlaku.

Sementara itu, gubernur yang juga seorang politisi tersebut berharap beberapa daerah lainnya yang belum menerima bantuan mobil dari Pemerintah Pusat juga mendapatkannya.

"Ya inginnya seperti itu. Tapi karena ini program kementerian maka kami hanya bisa berharap," kata Pakde Karwo. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016